Jumat, 29 Maret, 2024

Indonesia Dinilai Perlu Tunjuk Dubes RI Khusus untuk Palestina

MONITOR, Jakarta – Anggota Komisi I DPR, Sukamta mengatakan Indonesia perlu mempertimbangkan untuk menunjuk Dubes khusus untuk Palestina yang fokus membantu terwujudnya kemerdekaan Palestina.

“Penunjukan duta besar khusus untuk Palestina akan semakin menegaskan komitmen Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina”, ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima MONITOR.

Sukamta menjelaskan, dengan adanya dubes tersebut diharapkan perjuangan hal-hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Palestina akan lebih fokus. “Dubes keliling ini akan fokus pada upaya diplomasi bagi kemerdekaan Palestina, termasuk mengupayakan dukungan politik dari negara-negara lain” ungkap Sukamta, yang juga merupakan Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. 

“Hal ini juga sejalan dengan rencana Palestina yang sedang mengupayakan dukungan negara-negara Eropa” tambahnya.

- Advertisement -

Selama ini, lanjut Sukamta, Indonesia baru mempunyai Konsul Kehormatan di Ramallah, namun belum memiliki representasi langsung untuk berhubungan dengan Palestina. 

“Setelah pengakuan Yerusalem sebagai ibu kota Israel oleh Amerika Serikat (AS), Palestina semakin membutuhkan dukungan dari komunitas internasional untuk menghidupkan kembali solusi dua negara.” ujar anggota Fraksi PKS dari Daerah Pemilihan Yogyakarta ini.

 “Dubes dari Indonesia ini dapat membantu upaya diplomasi dan lobi Palestina untuk menggalang dukungan dari berbagai stakeholder di dalam isu kemerdekaan Palestina” lanjutnya.

Sukamta juga menilai bahwa dukungan terhadap kemerdekaan Palestina membutuhkan upaya konkret dari Pemerintah. “Kemerdekaan Palestina juga kepentingan nasional kita, sesuai dengan UUD 1945 dan Konferensi Asia-Afrika yang telah mendeklarasikan dukungan untuk berdirinya negara Palestina” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER