Sabtu, 20 April, 2024

Tahun 2018, Badan Ketahanan Pangan Fokus Kegiatan Pengentasan Kemiskinan

MONITOR, Makassar – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian memfokuskan program dan kegiatan tahun 2018 pada upaya pengentasan kemiskinan melalui padat karya. Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi saat memberikan arahan pada "Sinkronisasi Program dan Kegiatan BKP Tahun 2018" di Makassar, Sulawesi Kamis (8/02).

"Pengentasan kemiskinan dengan pola padat karya dilakukan di 1.000 desa di 100 kabupaten/kota" kata Agung.

Upaya yang dilakukan melalui kegiatan reguler mencakup pengentasan wilayah rentan rawan pangan, gerakan diversifikasi pangan, distribusi serta pengendalian harga dan mutu/keamanan pangan, serta analisis kajian, dan kebijakan tentang pangan.

Selain itu, menurut Agung, BKP juga melaksanakan beberapa kegiatan, seperti penyediaan informasi harga pangan dari tingkat kabupaten hingga kecamatan, pelaksanaan serap gabah petani (Sergab) bersama TNI dan Bulog di tingkat kabupaten sampai tingkat lapangan khususnya di 17 provinsi sentra produksi padi.

- Advertisement -

Agung juga menekankan, Dinas dan instansi yang menangani urusan pangan perlu melakukan upaya ekstra untuk mendukung pencapaian Swasembada pangan.

"Kita harus berjuang bersama, teman-teman lain sudah berjuang melaporkan Luas Tambah Tanam (LTT) padi, mari kita bantu mereka dengan mengirimkan data perkembangan harga gabah dan beras di tingkat petani" tegas Agung.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER