Kemendag Bidik Potensi Pasar Alas Kaki AS

Ilustrasi gambar (pixabay)

MONITOR, Jakarta- Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) Kemendag, Syahrul Mamma mengatakan, Amerika Serikat menjadi salah satu pasar penting bagi ekspor alas kaki Indoneisa dengan nilai sebesar USD 1,22 miliar.

"AS merupakan pasar penting bagi ekspor alas kaki Indonesia dengan nilai sebesar USD 1,22 miliar atau sekitar 7,5 persen dari total ekspor nonmigas Indonesia pada Januari-November 2017," kata Syahrul saat menghadiri pertemuan dengan Asosiasi Distributor dan Peritel Alas Kaki AS (Footwear Distributors and
Retailers of America/FDRA), Selasa (13/2).

Ya, FDRA mewakili 80 persen dari total penjualan sepatu di AS, beranggotakan lebih dari 130 perusahaan yang memasarkan 250 merek sepatu.

Menyambut hal itu, Atase Perdagangan untuk Washington DC Reza Pahlevi Chairul menambahkan, ekspor alas kaki Indonesia ke AS masih berpotensi terus tumbuh. 

"Indonesia menempati urutan ke-3 negara asal importasi sepatu ke pasar AS, dengan porsi 4 persen dari total 2,5 miliar pasang sepatu yang diimpor setiap tahunnya. Masih terdapat potensi peningkatan ekspor produk sepatu Indonesia ke pasar AS. Harga, inovasi dan desain menjadi faktor kunci pasar sepatu AS," ungkap Reza.

(hans)

Terpopuler