Jumat, 29 Maret, 2024

Komando Lintas Laut Militer siagakan unsur KRI hadapi Tahun Politik 2018

MONITOR, Jakarta – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Yudo Margono,S.E. mengingatkan kepada seluruh jajaran Kolinlamil untukkepada seluruh prajurit jajaran Kolinlamil untuk kembali kepada tugas pokok dan visi misi Kolinlamil.

“Berangkat dari tugas pokok yaitu melaksanakan pergeseran kekuatan militer baik pasukan maupun logistik melalui laut di seluruh perairan nusantara maka Kolinlamil harus mewujudkan visi Kolinlamil yang besar, kuat dan profesional yang mampu melaksanakan pemindahan strategis, taktis dan administrasi guna mendukung program pertahanan dan pembangunan nasional” katanya saat apel khusus di Lapangan M Silam, Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Kamis (15/2).

Meskipun masih ada beberapa unsur yang kita miliki telah berumur, namun tugas pokok harus tetap terlaksana dengan optimal. Oleh karena itu para komandan KRI dituntut untuk kreatif dan inovatif dalam merawat dan mempertahankan kondisi tekhnis Kapal perang (KRI) yang menjadi tanggung jawabnya, “tegas pangkolinlamil.

Tentunya pemeliharaan dan perawatan unsur-unsur yang ada mengacu kepada pola pembinaan operasi dan pembinaan administrasi berdasarkan kebutuhan operasi melalui perbaikan terencana yang mengacu pada JOP/JOG sesuai dengan dukungan anggaran Kemhan, Mabes TNI dan Mabes TNI AL.

- Advertisement -

Arahan Pangkolinlamil ini juga disampaikan menjelang libur panjang Imlek kepada para prajurit sesaat sebelum mereka habis kerja.

Selain itu pula, Laksamana bintang dua tersebut juga mengingatkan bahwa dalam memasuki tahun politik pilkada 2018 agar seluruh jajaran menjaga netralitas dan tidak turut campur dalam pemilihan para calon kepala daerah dimasing-masing wilayahnya.

“Jangan ada yang ikut terlibat dalam Pilkada, Kita harus netral. Saya akan tindak tegas yang coba-coba bermain politik praktis” tandas alumni AAL 1988 ini.

Ditegaskan pula, mengutip Panglima TNI saat penutupan Rapim TNI januari lalu bahwa agar tidak terpancing dengan pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan TNI.

"Sesuai perintah Panglima TNI, Prajurit jangan terpancing pihak-pihak yang mencoba memanfaatkan institusi TNI," tandasnya menutup pengarahan.

Terkait dengan tahun politik 2018 ini pula, Panglima Kolinlamil memerintahkan jajarannya untuk menyiagakan unsur-unsur kapal perangnya untuk mengantisipasi kerawanan yang mungkin timbul sebagai dampak Pilkada. Ataupun unsur-unsur KRI membantu dalam pergeseran personel dan material pilkada ke daerah-daerah terpencil yang tidak dapat ditempuh melalui jalur darat dan udara sepanjang tidak bertentangan dengan undang-undang serta tidak mencoreng netralitas TNI.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER