Kamis, 28 Maret, 2024

ICMI Adakan Simposium Nasional Ekonomi Pasar Pacasila

MONITOR, Jakarta – Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) pada Senin (19/2) mengadakan Simposium Nasional Ekonomi Pasar Pancasila. Acara tersebut dilaksanakan guna menggagas ekonomi pasar Pancasila yang tak lain berasal dari Prof Bj Habibie pada Siaknas ICMI 2017 lalu.

Ketua Presidium ICMI Dr. Sugiharto, SE., MBA mengatakan, perekonomian Indonesia dipandang baik di dunia, pasalnya Indonesia dianggap tidak berbahaya untuk berinvestasi. Negara Indonesia sendiri dalam indeks keseimbangan perekonomian dinilai masih seimbang.

“Indonesia bisa lebih berkembang dengan menggunakan pondasi pasar pancasila” kata Sugiharti seraya menegaskan bahwa berbagai negara memiliki strategi masing-masing dalam mempertahankan ekonomi agar tetap stabil, Indonesia sendiri diyakininya harus mulai menggunakan ekonomi pancasila untuk pondasinya.

Menurutnya, sila-sila Pancasila pantas untuk dijakdikan sebagai rujukan dalam ekonomi pasar pancasila. Memaksimalkan point-point dalam pancasila dapat merubah pemikiran dalam mengubah ekonomi Indonesia.

- Advertisement -

Secara garis besar isi dari pancasila dan UUD 45 adalah untuk kesejahteraan rakyat. 

Oleh karena itu , ia meyakini Indonesia harus mulai menggunakan ekonomi pancasila yang dimana akan berdampak bagi kesejahteraan rakyatnya.

“Selain itu dalam perkembangan ekonomi pancasila juga harus di-ikuti dengan pertubuhan digital di Indonesia. Pengembangan perekonomian juga sangat membutuhkan dorongan produktifitas serta pengembangan digital ekonomi yang sedang berkembanga saat ini” ujar Sugiharto.

Jadi, lanjut Sugiharto, dapat dikatakan bila Indonesia dapat melakukan keseimbangan dari ekonomi pancasila dan ekonomi digital, maka dari hal tersebut dapat membuat Indonesia memiliki perekonomian yang bagus di mata dunia.

Sebagai informasi, Gagasan ekonomi pasar pancasila ini sendiri berasal dari Prof BJ Habibie pada saat Siaknas ICMI 2017, dan gagasan tersebut disambut baik oleh Presiden RI, Joko widodo.

Ekonomi Pasar Pancasila dimaksudkan untuk memastikan kesejahteraan rakyat dengan cara berkeadilan menurut dengan nilai-nilai yang terkandung dalam dasar pancasila. “Dasar Pancasila itu menolak akumulasi kekayaan yang dikuasai segelenter orang saja. Ekonomi Pasar Pancasila menjamin kepemilikan masyarakat yang penggunaanya direncanakan untuk kepentingan orang banyak”, ujar BJ Habibie kala itu. 

Simposium Nasional Ekonomi Pasar Pancasila diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Acara tersebut dibuka oleh ketua umum ICMI, Prof Dr. Jimly Asshiddiqie dengan sambutan yang membahas tentang memahami arti pasar ekonomi pancasila di Indonesia.

Menghadirkan Dr.Sugiharto, Dr.Syarkawi Rauf, Dr.Arif Budimanta, Prof.Didin Damanhuri, dengan dipandu Moderator Dr.Ali Masykur Musa, Penanggap Prof.Emil Salim, Dr.Fadel Muhammad dan Bustanul Arifin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER