Kamis, 28 Maret, 2024

BKPM Sosialisasikan KLIK di Yogyakarta Pekan Depan

MONITOR, Jakarta – Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan menggelar tiga kegiatan terintegrasi dalam rangka mendorong percepatan penanaman modal di Yogyakarta pekan depan. Diantaranya, implementasi kemudahan investasi langsung konstruksi (KLIK).

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal, Tamba Hutapea mengatakan, KLIK merupakan fasilitas yang diberikan pemerintah kepada investor setelah memperoleh pendaftaran investasi.

"Agar dapat segera melaksanakan konstruksi secara paralel, terlebih dahulu harus mengurus perizinan pelaksanaan di daerah, yaitu Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Upaya Pengelolaan Lingkungan-Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL), dan perizinan pelaksanaan lainnya," ujar Tamba saat berlangsungnya konferensi pers di Ruang Makassar Lantai 3 Gedung Barli Halim BKPM. Jl. Jend Gatot Subroto No.44 Jakarta, Selasa (6/3).

Tamba berharap, layanan ini dapat diperluas ke beberapa kawasan industri di daerah lain, sehingga dapat mendukung upaya pemerintah mendorong percepatan realisasi investasi. 

- Advertisement -

Dalam konferensi pers kali ini, hadir sebagai pembicara dalam forum tersebut, yaitu Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityazwara, serta Wakil Kepala Badan Ekonomi Kreatif Ricky Joseph.

Perlu diketahui, KLIK telah dilaksanakan sejak 22 Februari 2016, peluncurannya saat itu dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara. Selama dua tahun ini, KLIK telah diimplementasikan di 32 kawasan Industri yang tersebar di 10 provinsi dan 16 Kabupaten/kota. Sebanyak 115 proyek/perusahaan telah memanfaatkan fasilitas ini dengan nilai investasi sebesar Rp130,62 triliun dan memanfaatkan lahan seluas 1.322,96 hektar.
 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER