Tips Cara Merawat Uang Kertas Rupiah

MONITOR – Siapa yang tak kenal dengan Rupiah? Simbol kedaulatan negara dan satu-satunya instrumen pembayaran transaksi yang sah di Indonesia. Sebagai mata uang NKRI, sudah sewajarnya Rupiah berdaulat di bumi pertiwi dan digunakan dalam seluruh transaksi.

Kecintaan terhadap Rupiah merupakan salah satu wujud kecintaan terhadap bangsa. Tetapi, apakah kalian kesal kalau mendapatkan Rupiah dalam kondisi tak layak? Lecek, basah, terselotip, sangat disayangkan bukan.

Nah makanya mulai dari sekarang, yuk kita cintai Rupiah dengan 3 cara yang MONITOR telah rangkum berikut ini.

1. Jangan Dilipat.

Tidak ada kolektor (ataupun investor) yang suka melihat bekas lipatan pada uang kertas. Karena ada beberapa dari kita 90% tidak menyukai uang dengan kondisi dilipat.

Dari sekarang, coba biasakan menaruh uang didompet sehingga tidak terlipat atau lusuh.

2. Jangan Membersihkan Uang Kertas.

Jangan mencuci uang kertas, lebih baik biarkan apa adanya. Sekecil apapun tindakan yang kita lakukan, walau hanya membersihkan dengan penghapus, bisa merusak permukaan uang dan mengurangi nilai uang tersebut.

Kalo memang hanya untuk koleksi pribadi, tidak peduli dengan nilai jualnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membersihkan uang berikut ini: 

1. Sediakan air hangat dan campurkan dengan sedikit sabun / detergen yang lembut.

2. Letakkan uang kertas di permukaan yang rata, kering, dan bersih.

3. Celupkan ujung kain katun lembut ke dalam air hangat yang telah dicampur sabun. Peras agar tidak terlalu basah.

4. Gosok dengan lembut permukaan uang kertas dengan gerakan melingkar. Mulailah dari tengah-tengah. Untuk bagian sudut uang, bisa menggunakan cotton bud.

5. Setelah selesai, ambil kain katun lembut yang kering, dan tekan-tekan uang kertas dengan perlahan untuk mengeringkannya.

Kalau uang kertasnya lecek, bisa ditaruh di sela-sela buku agar lurus. Namun, jangan sekali-kali menyetrika uang kertas.

3. Jangan Dilaminating dan Setrika.

Suhu tinggi dapat merusak uang kertas, maka itu jangan sekali-kali menyetrika uang kertas. Apabila uang kertas terlipat dan tidak lurus, cara paling aman untuk meluruskannya adalah menindihnya dengan sesuatu yang berat, seperti menaruh uang yang terlipat di antara lembaran buku.

Ayo, dari sekarang kita tinggalkan kebiasaan yang kurang baik terhadap Rupiah. Budaya menjaga dan merawat uang Rupiah perlu kita tanamkan sejak usia dini.