Jumat, 29 Maret, 2024

Regulasi Liga 1 Berubah Ditengah Jalan, Pengamat Geleng-geleng Kepala

MONITOR – Setelah sebelumnya ngotot dengan regulasi lima kali pergantian pemain untuk satu tim dalam satu kali pertandingan, PSSI kini meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator mengubah regulasi pergantian pemain menjadi tiga kali. 

Jumlah pemain di bangku cadangan diturunkan dari sembilan menjadi tujuh orang.

Pergantian regulasi ini dilakukan di tengah perjalanan kompetisi. PSSI beralasan Tim Nasional U-23 untuk kualifikasi Piala AFC U-23 dan SEA Games 2017 sudah terbentuk. Dengan demikian sejak 3 Juli 2017, kewajiban klub menurunkan tiga pemain U-23 minimal selama 45 menit dalam setiap pertandingan tak lagi berlaku.

Menanggapi perubahan regulasi tersebut, Save Our Soccer (SOS), kelompok yang intensif mengamati sepak bola nasional ini mengecam perubahan regulasi Gojek Traveloka Liga 1 2017 oleh PSSI.

- Advertisement -

Koordinator Save Our Soccer #SOS Akmal Marhali hanya bisa geleng kepala melihat hal ini. 

"Entah ini hadiah lebaran atau lelucon," keluhnya, sebagaimana siaran pers yang diterima, Sabtu (1/7/2017).

Akmal melihat PSSI masih tak konsisten. "Mungkin inilah kehebatan kompetisi sepak bola Indonesia dibandingkan negara lainnya yang ingin dijaga. Mau dibawa kemana sepak bola kita?" katanya.

Inkonsistensi membuat sepak bola tidak pernah maju. SOS sudah pernah mengingatkan di awal musim kompetisi bahwa kebijakan lima kali pergantian pemain melanggar Law of The Game FIFA yang dikeluarkan The International Football Association Board 2016/2017 dimana Maksimal tiga pergantian pemain yang bisa dilakukan dalam satu pertandingan pada kompetisi resmi yang digelar di bawah kendali FIFA, Konfederasi, maupun Asosiasi Sepak Bola Nasional."   

Pada bagian penjelasan disebutkan: FIFA, Konfederasi, dan Asosiasi Sepak Bola Nasional boleh mengizinkan maksimal lima pergantian pemain di semua kompetisi kecuali di level tertinggi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER