Rabu, 24 April, 2024

Liburan Nyaman ke Bali saat Nyepi, Lima Hal ini Jangan Dilewatkan

MONITOR, Jakarta – Hari Raya Nyepi yang jatuh hari ini, 17 Maret 2018 memberi kesan ketenangan dan kedamaian bagi masyarakat Hindu di Pulau Dewata Bali. Berhentinya aktivitas hiruk pikuk menjadi hal unik serta menarik yang dapat menjadi daya tarik wisatawan merasakan langsung sensasi Nyepi.

Sebab, baik penduduk lokal maupun turis manca negara diwajibkan untuk berada di dalam rumah, meninggalkan aktivitas di luar untuk berkumpul bersama keluarga. Sedangkan bagi sesorang yang berfikir nekat pergi ke tempat umum saat Nyepi siap-siap si Pecalang (polisi adat) tidak segan-segan menangkap dan menindak yang melanggar sesuai peraturan adat.

Jangan Khawatir, untuk Anda yang ingin berkunjung ke Bali pada saat Nyepi, berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan. Berikut penjelasannya;

1. Jadwal penerbangan

- Advertisement -

Saat Nyepi berlangsung, dipastikan tidak akan ada aktivitas di bandara, pelabuhan, dan terminal. Sebaiknya belilah tiket jauh-jauh hari sebelum atau sesudah Nyepi, kecuali jika memang ingin merasakan kesunyian lokasi pemberangkatan penumpang selama 24 jam.

Pastikan Anda menyiapkan jadwal penerbangan minimal satu hari sebelumnya. Usahakan memesan penerbangan pagi hari, sebab pada malam hari bandara mulai ditutup.

2. Fasilitas hotel

Pastikan Anda menginap di hotel dengan fasilitas lengkap, seperti televisi berlangganan atau DVD player, kolam renang, dan layanan pemesanan makanan 24 jam. Tidak ada program TV lokal dan nasional yang tayang di Bali pada saat Nyepi. Oleh sebabnya, Anda disarankan membawa media hiburan lainnya, seperti laptop. Orang tua dengan anak kecil sebaiknya memilih hotel yang menyediakan fasilitas arena bermain (kids zone), atau minimal kolam renang cukup besar. Pihak hotel menyediakan senter di setiap kamar untuk digunakan tamu jika ingin keluar di dalam area hotel pada malam hari.

3. Uang tunai

Jaringan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) seluruh Bali juga tak ketinggalan setop beroperasi sejak H-1 Nyepi. Anda sebaiknya menarik uang tunai jauh hari untuk bertransaksi di hotel, misalnya membayar makan siang dan makan malam.

4. Kudapan

Selama Nyepi dipastikan tidak ada toko atau warung yang buka, meskipun hanya berlangsung selama 24 jam, namun ada baiknya lebihkan perbekalan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain makanan dan minuman, perhatikan juga obat-obatan. Jika terpaksa harus ke rumah sakit, bisa koordinasikan dengan pengelola tempat penginapan mengenai cara menuju ke sana.

Karyawan yang bertugas di hotel pun jumlahnya terbatas, sehingga bisa dipastikan tamu perlu ekstra sabar menunggu pesananan makanan jika datang sedikit lebih lama.

Solusinya, Anda sebaiknya membeli kudapan, berupa makanan ringan, minuman, atau makanan cepat saji yang tahan lama untuk dibawa ke hotel dan dinikmati ketika perut lapar. Jika ada lemari pendingin di kamar hotel, ini jauh lebih baik. Staf hotel biasanya menawarkan tamu mengantar makanan langsung ke kamar, khususnya makan malam (in-room dining).

5. Signal ponsel dan internet

Jika sesekali gadget tidak menangkap signal ponsel atau jaringan internetnya tidak bisa dipakai, Anda tidak perlu khawatir sebab Ini biasa terjadi di kebanyakan hotel dan penginapan selama Nyepi berlangsung. Koneksi internet di Bali akan diputus sementara. Untuk memastikan signal ponsel terjamin saat melakukan pemanggilan keluar, solusi terbaik adalah siapkan sejumlah kartu seluler berbeda untuk digunakan jika kartu SIM Anda tidak berfungsi maksimal.

6. Menikmati pertunjukan alam raya

Bagi yang ingin menyaksikan salah satu persembahan termegah alam raya, sebaiknya perhatikan langit saat Nyepi berlangsung. Pada malam hari, langit akan sedikit sekali terpapar polusi cahaya, sehingga gugusan bintang terlihat sangat jelas. Bahkan jika beruntung, bintang jatuh juga akan menampakan diri.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER