Selasa, 16 April, 2024

Aktris hingga Senior Teater Koma Puji Video Karya Gudep Pramuka

MONITOR, Jakarta – Aktris Olivia Zalianty memuji video karya Pramuka dari Gugus Depan seluruh Indonesia. Menurutnya, video mereka bagus-bagus, termasuk tema yang dipilih. Video-video tersebut diikutkan dalam Lomba Video Kwarnas Gerakan Pramuka dengan tema “Bakti Gugus Depan untuk Indonesia.”

“Videonya keren-keren banget. Bingung milihnya. Plotnya keren, temanya tentang pegunungan, sosial, juga ada promosi wisata daerah masing-masing, dan juga produk lokal,” ujar Olivia Zalianty di Jakarta, Senin (16/4).

Sebelumnya, senior Teater Koma Sari Madjid juga merasa kagum dengan video para peserta lomba. Dia tak menyangka, ternyata Pramuka punya kemampuan membuat cerita atau narasi yang menarik untuk ditonton dalam bentuk video.

“Narasi itu tidak hanya diperlukan dalam sebuah pertunjukan teater. Tapi begitu juga dalam membuat video, agar bisa menjadi tontonan yang menarik, narasi atau pesan yang ingin disampaikan dalam video itu harus jelas. Saya lihat video Pramuka ini sudah banyak kesesuaian antara tema dan isi yang mau diangkat,” kata Sari Madjid.

- Advertisement -

Karena itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menyatakan bangga dengan hasil karya adik-adik Pramuka dari berbagai Gugus Depan di seluruh Indonesia. Di tangan mereka ternyata tersimpan banyak bakat dan kemampuan tinggi untuk membuat video yang menarik, unik, dan inspiratif, khususnya dalam rangka bakti untuk negeri.

“Ini adalah lomba video yang sudah sekian kalinya diadakan Kwarnas Gerakan Pramuka dengan tema berbeda-beda. Saya lihat video karya-karyanya keren-keren, mulai dari ide, visual, plot, audio, hingga editing. Rata-rata temanya mengenai kegiatan sosial, lingkungan, promosi wisata, dan produk lokal. Membuat ini memang tidak mudah, tapi Pramuka bisa melakukannya dengan baik,” terang pria murah senyum ini.

Menurutnya, Kwarnas Gerakan Pramuka selalu ingin mendorong kreativitas adik-adik Pramuka dengan membuat konten-konten positif dalam bentuk lomba. Lomba video ini menarik karena mereka dilatih untuk berfikir membuat naskah cerita seperti film pendek yang mengandung makna dan pesan-pesan sosial. Mereka dengan sendirinya telah belajar menjadi sutradara, produsen, pemeran film, editing, videografer ataupun fotografer.

Sementara itu, Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka urusan Kominfo sekaligus anggota Dewan Juri, Hariqo Wibawa Satria mengatakan, animo Pramuka terhadap lomba yang berlangsung mulai 1 Desember 2017 hingga 31 Maret 2018 ini ternyata cukup besar. Total, ada 300 video terkumpul dengan usia rata-rata pembuat video antara 7–25 tahun.

“Di era digital ini sebuah organisasi dianggap sukses jika mampu mendorong masyarakat dan anggotanya membuat konten seperti tulisan, foto, dan video. Dan Kwarnas berkali-kali sukses melakukannya,” ujar alumnus Pascasarjana Universitas Paramadina ini.

Berikut daftar nama-nama pemenang Lomba Video Kwarnas Gerakan Pramuka:

Juara I: Gudep SMAN 3 Kota Pagar Alam, Kwarda Gerakan Pramuka Sumatera Selatan

Juara II: Gudep SMPN 1 Rembang, Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah

Juara III: Gudep SMAN 9 Padang, Sumatera Barat

Berikut link para juara utama:

1. https://www.youtube.com/watch?v=8B-wgA8FuxA&index=52&list=PLcxyaPibCbjyvEFiXfd3uM745aNBpXG0x

2. https://www.youtube.com/watch?v=uwgWYSBHynk&list=PLcxyaPibCbjyvEFiXfd3uM745aNBpXG0x&index=63

3. https://www.youtube.com/watch?v=ULwKAc8MO9k&list=PLcxyaPibCbjyvEFiXfd3uM745aNBpXG0x&index=159

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER