Jumat, 29 Maret, 2024

Indonesia Rebut Juara Pertama ASEAN Cyberkids Camp 2017

MONITOR, Manila – Tim Indonesia kembali merajai ASEAN Cyberkids Camp 2017 yang diselenggarakan di Quezon, City, Filipina, Jumat (21/7/2017).

Dua delegasi Indonesia Jasmine Nurul Izza Bachtiar dan Alya Laksmi Kamillah yang didampingi Dina Sofiana sebagai tutor menjadi juara pertama Lomba yang tahun ini bertema "smart city" dengan total nilai 73.3. 

ASEAN Cyberkids Camp mengharuskan peserta lomba berkompetisi membuat program interaktif, games atau animasi dengan menggunakan perangkat lunak SCRATCH. Gelar Indonesia sebagai juara bertahan ASEAN Cyberkids Camp 2016 tetap bisa dipertahankan tahun ini.

Tim Indonesia mengalahkan tuan rumah Filipina yang menduduki juara kedua dengan total nilai 72 dan Myanmar di posisi ketiga dengan total nilai 69.7.

- Advertisement -

Selama pelaksanaan ASEAN Cyberkids Camp 2017 pada 19 s.d. 21 Juli 2017, peserta lomba mengikuti beberapa kegiatan antara lain design thinking workshop untuk membantu peserta mengembangkan dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking), kemudian menerapkannya dalam tema desain mereka.

"Termasuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi (menyampaikan pesan) dalam desain yang mereka buat," tutur Dina Sofiana.

Selain itu, setiap tim akan membuat desain dari sebuat tema dan mencetaknya di FabLab dengan SketchUp and 3D Orinting serta melakukan Demonstration Workshop agar peserta belajar tentang Internet of Things (IoT) seta pemanfaatannya di masyarakat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER