Kamis, 25 April, 2024

Minat Remaja pada Facebook Tahun ini Diprediksi Menurun

MONITOR – Sebuah riset baru yang diterbitkan oleh perusahaan riset pasar e-Marketer mengungkapkan bahwa Facebook akan mengalami penurunan di kalangan remaja tahun ini. Studi tersebut juga memprediksi bahwa basis pengguna facebook antara usia 12 hingga 17 tahun akan turun 3,5 persen dari tahun lalu, lantaran remaja kini beralih menggunakan Snapchat dan Instagram.

Temuan ini mengejutkan firma riset itu sendiri karena sebelumnya, kata juru bicara e-Marketer, mengatakan bahwa perusahaan tersebut semula memperkirakan basis pengguna berusia 12 sampai 16 tahun akan tumbuh sebesar 0,7 persen dan pengguna berusia 18 tahun sampai 24 tahun meningkat sebesar 0,8 persen pada 2017. Ini adalah kali pertama e-Marketer meramalkan penurunan pengguna Facebook diantara semua kelompok usia.

Kabar baiknya untuk Facebook yakni banyak remaja memeriksa umpan Instagram mereka sbagai gantinya. Tapi Snapchat mungkin platform berbagi foto nomor satu diantara anak usia 12 sampai 17 tahun pada akhir tahun, penggunanya yang berusia 18 sampai 24 tahun diprediksi tumbuh sebesar 24 persen dan yang berusia 12 sampai 17 tahun sebesar 8,8 persen.

Jika prediksi ini benar, maka akan menjadi pertama kalinya Snapchat melampaui pesaingnya.

- Advertisement -

"Baik Instagram maupun Snapchat telah menemukan kesuksesan dengan demografi ini karena mereka lebih sesuai dengan bagaimana mereka berkomunikasi, yaitu dengan menggunakan konten visual," kata analis pemasaran Amazon, Oscar Orozco di blog e-Marketer seperti dikutip Sputnik.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER