Kamis, 28 Maret, 2024

10 Tersangka Militan Tewas dalam Baku Tembak di Kairo

MONITOR, Kairo – Pasukan keamanan Mesir terlibat baku tembak dengan militan dalam sebuah serangan di dua apartemen pusat kota Kairo. Dikatakan Kementerian Dalam Negeri tersebut 10 tersangka militan tewas dalam peristiwa tersebut.

Dilansir Reuters, pernyataan kementerian tersebut juga mengonfirmasi adanya korban luka dari pihak kepolisian, diantaranya yakni sembilan Polisi dan empat petugas keamanan.

Sebuah pemberontakan yang diinisiasi oleh ISIS di semenanjung Sinai, Mesir memang telah menewaskan ratusan polisi dan tentara sejak penggulingan Presiden Mohammad Mursi pertengahan 2013 silam. Namun, gerakan separatis kini semakin bergerak ke wilayah darat dalam beberapa bulan terakhir.

Pihak berwenang menerima informasi tentang gerilyawan yang melarikan diri dari Sinai Utara ke tempat persembunyiannya di Kairo, dimana mereka bersiap untuk melakukan serangan ke provinsi-provinsi yang lebih terpusat.

- Advertisement -

Luka-luka yang diderita polisi yakni akibat ledakan dari sebuah alat peledak yang digunakan seorang tersangka militan. Alat peledak tersebut guna menghalangi polisi memasuki gedung saat terjadi baku tembak.

Salah satu sumber keamanan mengatakan pihak berwenang menduga individu tersebut adalah anggota Hasm, sebuah kelompok yang telah mengklaim beberapa serangan di sekitar ibukota Mesir yang menargetkan hakim dan polisi sejak tahun lalu.

Mesir menuduh Hasm sebagai sayap militan Ikhwanul Muslimin, sebuah kelompok Islam yang dilarang pada tahun 2013. Namun dalam berbagai kesempatan Ikhwanul Muslimin membantah tuduhan tersebut.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER