Kamis, 18 April, 2024

Siaga 24 Jam, TNI Siap Bantu Korban Bencana Gunung Agung

MONITOR, Cilegon – Tentara Nasional Indonesia (TNI) siap turun tangan membantu proses evakuasi korban letusan Gunung Agung, Bali. Hal itu disampaikan langsung oleh Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo.

Gatot menyatakan pihaknya akan menerjunkan personel TNI untuk membantu para pengungsi. "Kami siap untuk menerjunkan anggota lengkap dengan peralatan yang dimiliki untuk membantu pengungsi korban bencana Gunung Agung Bali," ujar Gatot saat membuka kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis pada rangkaian kegiatan HUT TNI Ke- 72, di Pelabuhan Indah Kiat, Merak, Kota Cilegon, Kamis.

Selain siaga 24 jam, ia menyatakan, personelnya juga siap membawa fasilitas militer ataupun peralatan perang untuk mobilisasi korban dalam menghadapi bencana.

Misalnya, keberadaan dapur umum yang dapat digunakan untuk memasak sampai kapasitas 5.000 orang, rumah sakit lapangan, kapal rumah sakit dan pesawat pesawat siap digerakkan ke lokasi.

- Advertisement -

"TNI Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Angkatan Darat semuanya punya alat perang yang harus siap siaga 24 jam. Di antaranya ada dapur umum, ada lapangan rumah sakit, ada kapal rumah sakit, ada juga pesawat, semuanya Ini kami siagakan. kemudian jika setiap saat dibutuhkan tinggal kami gerakan," terang dia.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER