NASIONAL

Ini Pesan Jokowi di HUT TNI ke-72

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur upacara dalam HUT TNI ke-72 di Cilegon (dok:Antara)

MONITOR, Cilegon - Presiden Joko Widodo melontarkan sebuah pesan dalam HUT TNI ke-72 di Cilegon, Banten. Di hadapan prajurit TNI, Jokowi meminta agar TNI mampu menjaga stabilitas politik dan keamanan negeri.

"Tak ada jalan lain bahwa kita harus bergegas membangun jalan ekonomi kita harus Indonesia sentris. Bagaimana doktrin tuntutan pertahanan semesta yang dipegang teguh TNI, harus menjaga stabilitas politik dan keamanan," kata Jokowi saat bertindak sebagai inspektur upacara di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon, Banten, Kamis (5/10).

Selain itu, Jokowi mengingatkan agar prajurit TNI mewaspadai setiap ancaman yang ingin mengganggu Pancasila sebagai ideologi bangsa. "Kita harus waspada terhadap rongrongan dari dalam yang mengganggu Pancasila sebagai dasar negara kita," ucap mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Lebih lanjut dia meminta agar TNI turut berperan dalam memulihkan kepercayaan masyarakat internasional bahwa Indonesia merupakan negara yang aman dan stabil. Mengingat, berbagai fenomena negeri sepanjang tahun selalu terekspos di penjuru dunia melalui kecanggihan dunia maya.

"Dalam dunia yang semakin transparan ini, tidak ada lagi yang bisa kita tutup. Kejadian sekecil apapun di sudut negeri ini akan terberitakan sampai mancanegara, tak ada pilihan lain, kecuali kita harus memberi pesan bahwa Indonesia adalah negara stabil," tutup Jokowi.

(tsar)

Terpopuler