GAYA HIDUP

5 Air Terjun yang lagi Hits di Sulawesi Selatan

Air Terjun Biroro (foto : wisatalengkap.com)

MONITOR - Air terjun menjadi obyek wisata alam penuh pesona di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Setiap kota memiliki objek wisata air terjun yang cantik, ada 5 air terjun yang bagus di Makassar dan sampai saat ini dijadikan tujuan wisata. Ada apa saja? Yuk simak artikel berikut ini seperti dikutip dari eazytravel. 

Wisata Air Terjun Biroro
Obyek wisata Air Terjun Biroro berlokasi di Desa Biroro, wilayah Kelurahan Bontolerung, Provinsi Sulawesi Selatan. Untuk dapat masuk dan menikmati wisata air terjun Biroro tidak dikenakan biaya, Anda cukup membayar parkir kendaraan apabila membawa kendaraan pribadi. Untuk mencapai Air Terjun Biroro perlu berhati-hati mengingat jalanan yang sulit dengan beberapa tanjakan maupun turunan. Jika berangkat dari arah Kota Malino, maka perlu menempuh jarak sekitar 2 kilometer hingga sampai ke Desa Biroro.

Wisata Air Terjun Lembanna
Obyek wisata Air Terjun Lembanna ini berlokasi di kawasan Desa Lembanna, Kab. Gowa, Makassar. Anda dapat masuk kesini secara gratis, kecuali jika hendak menginap di tempat yang sudah disediakan oleh masyarakat sekitar.

Kawasan ini sudah akrab bagi yang hobi mendaki di Makassar, sebab kawasan ini merupakan tujuan akhir saat pendakian. Untuk mencapai obyek wisata Air Terjun Lembanna, biasanya mengambil rute Puncak Bawakaraeng dan berakhir di Desa Lembanna. Namun, jika Anda sedang tidak dalam pendakian, maka langsung saja menuju ke Desa Lembanna. Saat menjumpai jalur pendakian, ambil arah kiri dan air terjun akan segera menyapa. Menurut sejarah, keberadaan Air Terjun Lembanna dengan tinggi 20 meter mulai dikenal karena sering dijadikan lokasi istirahat para pendaki. Seperti untuk melepas lelah, mengisi kembali perbekalan air, sampai dengan mandi.

Wisata Air Terjun Ketemu Jodoh
Obyek wisata Air Terjun Ketemu Jodoh berada di Desa Majannang. Kec. Parigi, Kab. Gowa. Untuk dapat masuk dan menikmati pesona indah Air Terjun Ketemu Jodoh tidak perlu mahal, per orang hanya dikenakan biaya Rp 3.000. Kemudian ada pula homestay atau hotel yang tidak jauh dari lokas, dapat disewa dengan harga mulai dari Rp 150.000. Anda dapat mengambil rute dari wisata air terjun Takapala dengan memakan waktu setengah jam saja.

Jika kebanyakan air terjun hanya memiliki satu tingkatan, maka untuk wisata Air Terjun Ketemu Jodoh ini memiliki dua tingkatan. Dari kisah yang ada, Air Terjun Ketemu Jodoh ditemukan tahun 1982 oleh pria bernama Karaeng Bulu Takapala. Pria tersebut bermaksud bertemu dengan wanita cantik di air terjun tersebut. Dan saat keduanya bertemu, konon menjadi jodoh dan memberi nama Air Terjun “Ketemu Jodoh”.

Wisata Air Terjun Saukang Lembang
Obyek wisata Air Terjun Saukang Lembang berada di Desa Saukang, Kab. Sinjai, Sulawesi Selatan. Sebelum masuk kesini, Anda wajib membayar Rp 3.000 jika naik motor dan Rp 10.000 jika naik mobil.
Menuju ke lokasi dapat ditempuh dari arah Kota Sinjai menuju Desa Saukang sekitar empat puluh lima menit. Air Terjun Saukang Lembang ini memiliki tujuh tingkatan, terlihat guyuran airnya sangat mempesona. Mengupas sejarah Air Terjun Saukang Lembang ini, awalnya bernama “Tujuh Tingkat” sesuai dengan struktur bebatuan yang membentuk tujuh tingkat. Setelah bencana banjir dan longsor yang terjadi tahun 2006, struktur bebatuan tersebut berubah dan namanya berganti menjadi Air Terjun Saukang Lembang.

Wisata Air Terjun Maddengge
Obyek wisata Air Terjun Madengge terletak di wilayah Bantimurung, Kab. Maros. Anda tidak perlu mengeluarkan budget untuk dapat menikmati indahnya air terjun ini, biaya hanya dikenakan untuk yang mengendarai kendaraan dan tarifnya pun berbeda untuk motor/mobil. Lokasi Air Terjun Madengge ini dapat ditempuh melalui arah menuju Kecamatan Camba.

Jika dari Kota Maros perlu waktu kurang lebih satu jam perjalanan dan disambung harus jalan kaki sepuluh menit dari parkiran menuju Air Terjun Madengge.

(jml)

Terpopuler