EKONOMI

Perluas Operasi Pasar di Sumut, Pertamina MOR 1 Berhasil Salurkan 10.080 LPG 3kg

Warga antusias mendatangi Operasi Pasar LPG 3kg

MONITOR, Medan - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region 1 (Pertamina MOR 1) memperluas wilayah operasinya, kini perluasan wilayah operasi pasar LPG 3kg kali ini digelar di Kabupaten/Kota Labuhan Batu, Tapanuli Utara dan Mumbang Hasudutan, Jumat (5/10).

Area Manager Communication and Relation Sumbagut Rudi Ariddianto mengatakan, operasi pasar digelad di Humbang Hasudutan tersebut berhasil menyalurkan sebanyak 1.120 tabung, di Tapanuli Utara sebanyak 1.680 tabung dan Labuhan Batu sebanyak 2.240 tabung.

"Total tabung digelontorkan pada Operasi Pasar 4-6 Oktober sebanyak 10.080 tabung LPG 3kg disalurkan ke masyarakat. Kami berharap dengan adanya penjualan Bright Gas 5,5 kg dan operasi pasar, kebutuhan rumah tangga akan LPG dapat terpenuhi dengan baik dan lancar,” ungkap Rudi. 

Sebelumnya Pertamina juga telah menggelar Operasi Pasar di Medan, Binjai, dan Deli Serdang di 14 titik sebanyak 5.040 tabung pada 4 Oktober 2017. Dari pantauan penjualan pada operasi pasar lalu, cenderung keadaan normal yang menunjukan bahwa kebutuhan masyarakat akan LPG 3 kg terpenuhi dengan adanya operasi pasar. Dari 5.040 tabung digelontorkan sebanyak 4.243 tabung atau 84% dari total disalurkan yang terjual. Selain itu seluruh Operasi Pasar dibarengi dengan penyediaan Bright Gas 5.5 kg yang juga terjual sebanyak 53 tabung.

Untuk informasi, Pertamina hanya menjual LPG 3 kg di outlet resmi yaitu Agen dan Pangkalan yang memasang penanda HET. Sebagaimana diketahui sesuai Permen 26 tahun 2009 Tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG bahwa LPG 3 kg masih disubsidi dan ditentukan kuotanya oleh pemerintah serta peruntukkannya hanya bagi kalangan tidak mampu.

(hans)

Terpopuler