NASIONAL

100 Militan ISIS Menyerah di Suriah, Wiranto: Tidak Ada WNI

Ilustrasi gambar militan ISIS (gulfnews)

MONITOR, Jakarta - Sekitar 100 militan ISIS menyerahkan diri kepada Tentara Suriah yang didukung AS di Kota Raqqa, Jumat (13/10) lalu. Dari jumlah tersebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto menklaim tidak ada satupun Warga Negara Indonesia (WNI) diantara yang menyerah itu.

Klaim tersebut, lanjut Wiranto, didapatkan setelah memerintahkan Kepala Badan Intlijen Negara (BIN) Budi Gunawan dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP. Marsudi untuk mengumpulkan informasi terkait hal itu.

"Kita rapat koordinasi di Menko Polhukam mengundang Bu Menlu, Keimigrasian, BIN, dan beberapa kementerian/lembaga terkait. Kami membicarakan mengenai adanya penyerahan 100 anggota ISIS ke Suriah. Saya minta BIN untuk cross-check apakah ada warga negara Indonesia, ternyata tidak ada," ujar Wiranto kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (16/10).

Seperti diberitakan berbagai mendia internasional, 100 militan ISIS menyerah kepada Angkatan Darat Suriah yang didukung AS di Raqqa, sementara masih terdapat militan ISIS di wilayah tersebut kendati jumlahnya semakin kecil.

(hans)

Terpopuler