HUMANIORA

Paduan Suara Mahasiswa UIN Jakarta Sabet Dua Medali Emas di Ajang Internasional

PSM UIN Jakarta Sabet dua medali emas di ajang internasional

MONITOR, Colombo - Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta sabet 2 medali emas pada kompetisi  4th Asia Pacific Choir Games yang diselenggarakan pada 21-28 Oktober 2017 lalu.

Dengan dipimpin oleh kondakter Putri Amelia mereka berhasil meraih penghargaan 1st Place of Asia Pacific Champions Competition  dan 1st Place of Grand Prix of Nations Colombo 2017 pada kategori Folklore with Accompaniment. Rangkaian acara ini berlangsung di ibukota Colombo, Srilanka. 

Persiapan menuju kompetisi di Srilanka ini telah dipersiapkan sejak awal tahun 2017 lalu. Proses latihan panjang hingga persiapan pra kompetisi menghasilkan sebuah  konser  yang bertajuk KIDUNG  SYUKUR NUSANTARA: Merenda Kasih dan Asa dalam Harmoni di Samudra Hindia. Konser ini terlaksana pada tanggal 8 Oktober 2017 lalu di Auditorium Syahida Inn. 

Langkah demi langkah telah dilalui demi mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Perjalanan menuju kompetisi di Srilanka bukanlah tanpa halangan karena persiapannya cukup menguras tenaga, waktu, pikiran, dan emosi. Namun,  perjuangan yang telah dilalui terbayar sudah dengan hasil perolehan 2 medali emas yang didapatkan. 

“Syukur Alhamdulillah, kami pulang dapat membawa oleh-oleh. Masih nggak nyangka banget kami dapet Gold Medal di Grand Prix dan keluar sebagai Champion. Karena semua peserta bagus-bagus dan telah menampilkan yang terbaik. Alhamdulillah atas izin Allah SWT dan do’a temen-temen semua kita masih dipantaskan untuk mendapat penghargaan ini.” , tutur Ali Maschun, ketua PSM UIN Jakarta di Colombo, Srilanka, Minggu (29/10).

4th Asia Pacific Choir Games yang diselenggarakan pada 21-28 Oktober 2017  lalu diikuti oleh 72 paduan suara yang berasal dari berbagai negara. PSM UIN Jakarta tampil pada tanggal 27 Oktober 2017 di  Nelum Pokuna Mahinda Rajapaksa Theater dengan membawakan 3 buah lagu yaitu “Jali-Jali” (Afdhal Dzikri), “Butet” (Marthin Tuppano), dan “Bungong Jeumpa” (Afdhal Dzikri). Penampilan tersebut mengantarkan PSM UIN Jakarta ke Grand Prix of Nations Colombo 2017. 

Setelah bertarung dalam kompetisi di siang harinya, tim PSM UIN Jakarta akan tampil di Grand Prix of Nations Colombo 2017 pada Kamis, 27 Oktober pukul 21:00 waktu Colombo. Selain ketiga lagu di atas, pada Grand Prix of Nations Colombo 2017, PSM UIN Jakarta juga mempersembahkan satu lagu tambahan yang berjudul “Gemu Fa Mi Re” aransemen dari Andriansyah Nur Hidayat. 

Award Ceremony yang merupakan rangkaian acara terakhir dari 4th Asia Pacific Choir Games berlangsung pada Jumat, 28 Oktober 2017. Dalam acara tersebut merupakan pengumuman hasil kompetisi. Pada  hari yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini, tim PSM UIN Jakarta berhasil menduduki  1st Place of Asia Pacific Champions Competition  dan 1st Place of Grand Prix of Nations Colombo 2017 yang membuat PSM UIN Jakarta memperoleh 2 medali emas.

“Alhamdulillahirabil’allamin segala rangkaian acara Asia Pacific Choir Games 2017 di Colombo-Srilanka telah berjalan dengan baik dan lancar. Alhamdulillah kami bisa membawa kabar gembira bagi masyarakat Indonesia di peringatan Hari Sumpah Pemuda ini.”  Ujar Mohammad Ihsan, ketua produksi kompetisi PSM UIN Jakarta goes to Colombo-Srilanka. 

Tim yang beranggotakan 38 orang ini akan terbang kembali ke Indonesia pada Minggu malam tanggal 29 Juli 2017.

(hans)

Terpopuler