Jumat, 19 April, 2024

Survei Pilkada Sumsel 2018, Elektabilitas Herman Deru Teratas

MONITOR, Palembang – Pilkada Sumatera Selatan telah memasuki babak rekomendasi pengusungan dari partai politik.

Beberapa partai sudah mendeklarasikan dukungan secara terbuka, salah satunya adalah PAN dan Nasdem yang menyatakan mengusung Herman Deru. Kedua partai ini beralasan, elektabilitas HD, demikian Herman Deru biasa disingkat, selalu berada di urutan pertama. Hal demikian terbukti dengan rilis survey hampir 10 lembaga survei yang masing-masing menempatkan Herman Deru di posisi tertinggi elektabilitasnya.

Setelah seminggu yang lalu Lembaga survei Indomatrix menemukan data elektabilitas Herman Deru di posisi teratas, kini lembaga survei IPOL Indonesia juga mengungkapkan hal yang sama.

Dalam Jumpa Pers Rilis Pillkada Serentak di Sumatera Selatan 2018, Minggu (29/10), IPOL Indonesia menyatakan elektabilitas Herman Deru yang tertinggi.

- Advertisement -

Petrus Hariyanto, CEO IPOL Indonesia memaparkan, jika Pilgub digelar hari Ini, Herman Deru akan memenangkannya.

“Saat ditanya siapa yang menang? Pertanyaan lni dijawab publik dengan memilih Harman Deru sebanyak 15 persen, disusul Dodi Reza, 13.37 persen. Lalu, lshak Mekki 11.09 persen, Aswari 7.65 persen, Syahrial Oesman 4,45 persen dan Giri Ramanda 3.23 persen,” ujarnya.

Petrus menambahkan, potensi  publik yang belum menentukan pilihan masih tinggi yakni berada di kisaran angka 14,13 persen, menyatakan rahasia 2,31 persen dan golput 7.33 persen.

Petrus menjelaskan survei lembaganya digelar di 17 Kabupaten Kota di Sumsel, dengan sampel 800 responden. Metode yang dipakai adalah Multistage Rabdom Sampling dengan Margin of Error  3,46 persen pada Tingkat Kepercayaan 95 persen.

Menanggapi temuan survei IPOL Indonesia, tim pemenangan Herman Deru menyatakan cukup senang dan menyambut temuan itu dengan suka cita. Sahrun Sobri dari kantor HD Center menyatakan, temuan tersebut semakin mengukuhkan bahwa Herman Deru adalah figur yang dikehendaki publik untuk menggantikan Akex Noerdin.

“Semua survei, silakan googling sendiri kalau tidak yakin, menempatkan Bang HD di posisi tertinggi elektabilitasnya, ini tentu kabar baik bagi rakyat Sumsel. Keinginan mereka untuk ada perubahan dan perbaikan di segala lini akan terwujud. Dari data 10 lembaga survei yang berhasil kami himpun, semua menyatakan Bang HD yang tertinggi elektabilitasnya, ini tentu akan kami jaga sampai hari pencoblosan nanti,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER