DAERAH

Pilgub Sulsel 2017, Elektabilitas NA-ASS Terus Alami Peningkatan

Ilustrasi : Pasangan NA-ASS

MONITOR, Makassar - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan memasuki babak baru. Beberapa lembaga survei bahkan telah merilis hasil survei mengenai tingkat keterpilihan pasangan calon masing-masing. Salah satu yang paling menarik adalah tingkat elektabilitas pasangan Nurdin Abdullah dan Abdi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) yang mengalami peningkatan hingga 9 Persen. 

Hanya sebulan sebulan sejak survei terakhir (bulan September –red) yang dirilis lembaga survey Poltracking Indonesia, yakni September-Oktober 2017 terjadi perubahan drastis dalam peningkatan elektabilitas para kandidat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan yang bakal bertarung di Pilkada serentak 27 Juni 2018 mendatang.

Hasil yang mengejutkan, adalah adanya lonjakan peningkatan elektabilitas sebanyak 9 persen untuk calon gubernur Nurdin Abdullah (NA) sejak berpasangan dengan calon wakil gubernur Andi Sudirman Sulaiman (ASS).

Dengan demikian dari simulasi elektabilitas pasangan calon gubernur Nurdin Abdullah (NA) dan wakil gubernur Andi Sudirman Sulaiman (ASS) yang dirilis Poltracking di bulan September lalu, bila disimulasikan ada empat pasangan maka tingkat elektabilatas pasangan Nurdin Abdullah- Andi Sudirman Sulaiman melonjak tinggi dari 16, 37 persen menjadi 25,37 persen di bulan Oktober ini.

Dan bila disimulasikan menjadi tiga pasangan, maka pasangan Nurdin Abdullah (NA)-Andi Sudirman Sulaiman (ASS) memperoleh tingkat elektabilitas sebesar 26,14 persen (naik 9 persen dari survei September lalu yang sebesar 17,14 persen).

Adanya lonjakan elektabilitas pasangan Nurdin Abdullah (NA)-Andi Sudirman Sulaiman (ASS) dalam sebulan terakhir ini mengindikasikan pilihan Nurdin Abdulllah untuk menggandeng Andi Sudirman Sulaiman pendamping dalam kontestasi Pilgub Sulsel dinilai tepat. 

Indikasi peningkatan elektabilitas pasangan NA-ASS ini diprediksi akan terus  mengalami kenaikan, mengingat dalam berbagai survei yang ada, tren kenaikan salah-salah satu pasangan akan terus naik bila kecenderungan tingkat elektabilitas pasangan kembali bergerak naik. (*)

(jml)

Terpopuler