Jumat, 26 April, 2024

Menag: Tiada Satupun Agama Mengajarkan Kekerasan

MONITOR, Jakarta – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan tiada satupun agama di dunia ini yang mengajarkan kekerasan. Menurutnya secara substansial, agama ada justru sebagai pembawa kedamaian.

"Seluruh agama mengajarkan kedamaian. Dari namanya saja sudah Islam, serumpun dengan kata salaam, yaitu damai. Ajaran utama Agama Kristen adalah menebar kasih," ujarnya saat Diskusi Buku 'Ketika Agama Bawa Damai, Bukan Perang: Belajar dari ‘Imam dan Pastor,’ Rabu, (01/11).

Dalam buku tersebut, Lukman menyatakan hal pertama yang harus dibangun dalam diri seseorang adalah kesadaran. Lanjutnya, kesadaran bahwa agama membawa kedamaian.

"Dalam agama Hindu juga ada ajaran tentang dharma. Juga dalam agama lain. Maka, konflik atau kekerasan adalah lawan dari semua agama. Kesadaran inilah yang membuat mereka berdua berdamai," tegasnya.

- Advertisement -

Ia menambahkan, setelah kesadaran, maka ada keinginan untuk mengevaluasi diri. Lalu terus memperbaiki diri. Lalu tidak sampai disini, kedua orang yang patut dicontoh ini juga membuat institusi atau lembaga.

"Lalu mereka membangun jaringan dengan berbagai pihak. Sehingga, yang terakhir, mereka dengan dengan mudah dalam mengkampanyekan hal ini," jelas Lukman.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER