EKONOMI

Bank Mandiri Revitalisasi Lahan Tambak Dan Beri Pembiayaan KUR Para Petani

Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Kartika Wirjoatmodjo--ANTARA/Aprillio Akbar

MONITOR, Bekasi - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk turut andil dalam upaya revitalisasi lahan tambak seluas 830 hektar di kawasan Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, pada Rabu (1/11).

Kegiatan pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas (Community Development) oleh Bank Mandiri ini dilakukan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan ekonomi di Indonesia.

“Lewat program ini diharapkan tingkat kesejahteraan masyarakat jadi meningkat sehingga pembangunan ekonomi dapat lebih merata,” ujar Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo usai mendampingi kunjungan Presiden Joko Widodo ke kawasan pemberdayaan Muara Gembong tersebut beberapa waktu lalu.

Kartika menambahkan bahwa skema revitalisasi lahan dan redistribusi aset kepada petambak lokal di Muara Gembong ini dapat dilakukan di wilayah yang lain dengan kondisi serupa.

Dimana, Bank yang jorjoran menyalurkan kredit korporasinya itu akan memberikan pembiayaan kepada para petambak melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Bank Mandiri juga memberikan pembiayaan petambak, melalui skema KUR,” jelas Dirut Bank Mandiri itu.

Seperti diketahui, Bank Mandiri memberikan fitur batas kredit maksimal Rp 2 Milyar per lembaga Linkage dengan pola excuting untuk KUR tidak langsungnya.

Sedangkan untuk KUR langsung individu, jumlah maksimalnya mencapai Rp 500 juta.

Selain itu, untuk mendukung para petambak, Kartika menambahkan, akan ada sejumlah sarana yang akan dibangun, seperti tempat penampungan hasil tambak, dermaga kapal, alat pembuat es, kincir air, pompa air, sumur bor air tawar, jaringan listrik, akses jalan, dan menara pantau. (Adv)

(ah)

Terpopuler