NASIONAL

Pemerintah Siapkan Lima Lapas Khusus Napi Terorisme

Focus Group Discussion tentang Blueprint Deradikalisasi

MONITOR, Jakarta - Kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kian memprihatinkan. Kekerasan fisik maupun psikis antara narapidana kerap terjadi di lingkungan lapas. Fakta ini diungkapkan Direktur Jenderal Perlindungan Masyarakatan dan Penanganan Anak Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Yunaini.

Di hadapan peserta Focus Group Discussion 'Blueprint Deradikalisasi', Yunaini menceritakan banyak narapidana baru atau yang lemah mendapatkan perlakuan buruk semacam intimidasi dari napi yang berkuasa. Ia mengetahui hal ini berdasarkan pengakuan beberapa keluarga narapidana yang bersangkutan.

"Di Mako Brimob ini sering terjadi, biasanya rentan terjadi pada tahanan anak-anak atau wanita. Mereka ada yang mendapatkan ancaman dari napi teroris karena membeberkan sejumlah fakta di media. Nah ini harus kita antisipasi," ujar Yunaini saat ditemui di Hotel Royal Kuningan Jakarta.

Namun ia kembali mengabarkan, bahwa dalam waktu dekat pemerintah akan mengupayakan lima lapas khusus terpidana terorisme. Muatan lapas ini rencananya akan dipisahkan dari para tahanan kasus lain.

"Sesuai dengan Permen ya, insyaallah dalam waktu dekat ada lima lembaga pemasyarakatan yang dikhususkan untuk narapidana kasus terorisme. Lima ini adalah lapas Batu, lapas SMS, lapas Gunung Sindur, lapas Asongan dan lapas Langkat," terangnya.

(tsar)

Terpopuler