Kamis, 28 Maret, 2024

Pentingnya Menyiapkan Dana Darurat Sejak Dini

MONITOR, Jakarta – Banyak orang yang tidak perduli adanya simpanan dana darurat. Padahal jika meninjau dari sisi keuntungannya, seseorang akan merasa terselamatkan apabila memiliki dana tersebut.

Apalagi saat terkena musibah. Betapa beratnya penderitaan seseorang apabila tak memiliki dana simpanan kala kondisi genting itu. Misalnya tiba-tiba mengalami kecelakaan, sedang sakit atau terkena bencana alam. Kondisi seperti ini tentu tak diharapkan semua individu.

Praktisi Keuangan dan Investasi Eko Pratomo menekankan dana darurat ini sifatnya sangat penting. Apa pentingnya? Eko menjelaskan dana darurat ini khusus digunakan untuk kondisi-kondisi tertentu, seperti situasi darurat.

"Dana darurat adalah dana yang disiapkan stand-by untuk kondisi darurat," jelas Eko saat ditemui Monitor, baru-baru ini.

- Advertisement -

Pendiri Syamsi Dhuha Foundation ini menyatakan, dana ini sangat diperlukan seseorang apabila mengalami masa-masa buruk. "Tidak ada yang menyangka kan, tiap-tiap kita ini akan kehilangan pekerjaan dan penghasilan, atau orang tua sakit, rumah bocor, kena musibah," paparnya.

Untuk itu, ia mengajak agar masyarakat bisa berpikir cerdas dalam mengelola keuangan pribadi. Lanjutnya, agar kelak tidak kesusahan saat dilanda kondisi krisis.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER