BERITA

China-Korsel Sepakati Perjanjian Damai di Semenanjung Korea

Presiden China Xi Jinping

MONITOR, Seoul - Pemimpin Korea Selatan dan China resmi menyepakati perjanjian damai di Semenanjung Korea pada Sabtu (11/11) waktu setempat. Pengendalian situasi damai ini melibatkan Korea Utara.

Informasi ini didapat dari Kantor Kepresidenan Korsel. Diketahui kedua pemimpin negeri itu sama-sama mengadakan pertemuan puncak negara-negara anggota Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Danang, Vietnam.

Ini terjalin antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Presiden China Xi Jinping. Dalam kesempatan itu, Xi mengatakan kepada Moon bahwa pihaknya mendorong Korsel untuk melanjutkan dialog dengan Korea Utara dan bersatu untuk mencapai rekonsiliasi serta denuklirisasi.

Diketahui, ketegangan di Semenanjung Korea meningkat bulan lalu ketika pemimpin Korut Kim Jon Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berbalas ancaman bernada perang serta saling mencaci terkait nuklir dan program pengembangan peluru kendali Korea Utara.

China telah didesak, baik oleh Korsel maupun AS, untuk menjalankan peranan lebih aktif dalam upaya mengekang nuklir dan ambisi rudal Korut.

(tsar)

Terpopuler