OLAHRAGA

Marquez Memastikan Diri Juarai MotoGP 2017

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez

MONITOR, Valencia - Kandidat favorit juara MotoGP 2017 asal Repsol Honda, Marc Marquez, berhasil memastikan kemenangannya atas sang kuda hitam dari Ducati, Andrea Dovizioso dalam seri pamungkas di Valencia pada Minggu (12/11).

Marquez berhasil meraih gelar juara dunia MotoGP untuk keempat kalinya setelah mengumpulkan 298 poin dari 18 seri balapan sepanjang musim kompetisi 2017.

Marc Marquez mengungguli Andrea Dovizioso, yang berada di posisi kedua dengan 261 poin setelah pebalap asal Italia itu gagal finis pada GP Valencia akibat mengalami kecelakaan. Hasil buruk pada putaran terakhir ini sekaligus memupus harapannya untuk merebut juara dunia dari Marquez.

Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, yang sempat digadang-gadang sebagai pesaing Marquez pada awal musim ini berada di urutan ketiga dengan 230 poin.

Dani Pedrosa, rekan satu tim Marquez, yang memenangkan seri MotoGP Valencia berada di posisi empat dengan perolehan 210 poin, diikuti Valentino Rossi dari Yamaha (208 poin) dan pebalap Prancis Johann Zarco dari Yamaha di posisi enam dengan 174 poin.

Kendati hanya berada di posisi kedua dalam klasemen akhir, namun hadirnya Dovizioso sebagai penantang gelar juara setidaknya memberikan kejutan bagi tim Ducati.

Dovizioso tidak hanya mengganggu dominasi Yamaha sebagai pesaing Honda dalam beberapa tahun belakangan, namun ia juga memiliki jumlah enam kemenangan yang menyamai catatan Marquez pada musim ini.

Dovizioso menjuarai enam seri antara lain di Italia, Catalunya, Austria, Inggris, Jepang dan Malaysia. Sedangkan Marquez juara di AS, Jerman, Ceko, San Marino, Aragon dan Australia.

MotoGP akan kembali digelar pada Maret tahun depan dengan Sirkuit Losail di Qatar yang akan bertindak sebagai arena pembukaan musim kompetisi 2018.

(ah)

Terpopuler