BERITA

Presiden Filipina Ajak Negara Mitra dan ASEAN Memerangi Terorisme

Presiden Filipina Rodrigo Duterte

MONITOR, Manila - Presiden Filipina Rodrigo Duterte melontarkan pujian atas kerja sama dunia internasional kepada Pemerintah Filipina dalam mengatasi pembebasan Kota Marawi dari kelompok teroris beberapa waktu lalu. Pujian ini diucapkannya saat memberikan sambutan pada pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-31 ASEAN, di Philippines International Convention Center (PICC), Manila, Senin (13/11).

Duterte menyatakan, kelompok teroris itu telah dipukul mundur oleh pasukan Pemerintah Filipina. "Lebih dari seminggu yang lalu, pasukan pemerintah Filipina telah membebaskan kota Marawi dari kelompok teroris," ujar Duterte di hadapan peserta KTT ASEAN.

Ia melanjutkan, saat ini Pemerintah Filipina tengah fokus memulihkan psikologi masyarakat Marawi agar bisa beraktifitas normal seperti dulu.

Terkait insiden teror, Duterte menyatakan peran negara ASEAN dan negara-negara mitra sangat diperlukan. Sebab ini menyangkut masalah kepentingan regional dan internasional.

"Masalah terorisme dan ekstremisme membahayakan perdamaian, stabilitas, dan keamanan wilayah karena perlakuan mereka tidak mengenal batas," tegas Duterte.

Tak kalah penting, Duterte menyatakan masalah penting lainnya adalah perampokan bajak laut dan perampokan bersenjata di laut yang terus berkembang, dan telah mengganggu stabilitas perdagangan regional dan global.

"Kita akan melihat kemajuan dalam pembahasan di ASEAN mengenai bentuk kerja sama yang harus dikembangkan, termasuk juga pembahasan yang dilakukan ASEAN dengan mitranya, seperti ASEAN Plus Three dan East Asia Summit," ujarnya yakin.

(tsar)

Terpopuler