DAERAH

Kunci Sukses Gubernur Frans dalam Membangun NTT

Gubernur NTT Frans Lebu Raya

MONITOR, Kupang - Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berhasil meningkatkan pencapaian pembangunan di sektor ekonomi. Hal tersebut, dikatakan Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Frans mengungkapkan beberapa pencapaiannya meliputi pertumbuhan ekonomi yang rata-rata berada di level 5 persen, pendapatan asli daerah (PAD) hampir Rp 2 Triliun hingga angka kemiskinan yang relatif terjaga.  

Keberhasilan pembangunan wilayahnya, kata Frans, tentu dipengaruhi faktor ideologi. Ideologi yang diyakini memberikan pengaruh terhadap segala kebijakan, terutama yang diprioritaskan. "Ideologi mengajarkan saya berpihak pada masyarakat banyak," tutur Frans, baru-baru ini.  

Frans mencontohkan, ada program Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera (Anggur Merah) yang diluncurkannya sejak 2010 lalu. Program yang berbentuk pemberian dana bergulir kepada setiap desa ini, ditujukan untuk mendukung usaha produktif masyarakat desa NTT, semisal pertanian, peternakan dan usaha kreatif tenun ikat. 

"Karena tidak mungkin rakyat kecil punya akses keuangan yang cukup pada lembaga-lembaga keuangan," jelas Frans.  

Tak ayal, program ini diklaim berhasil menurunkan angka kemiskinan di tingkat desa. Data Badan Pusat Statistik (BPS) NTT pun mencatat, selama periode September 2016 Maret 2017 meskipun angka kemiskinan meningkat menjadi 22,01 persen, akan tetapi terjadi penurunan jumlah penduduk miskin desa sebanyak 4.210 orang dalam kurun waktu tersebut.     

Namun Frans mengaku sejumlah pihak sempat sangsi dengan pelaksanaan program Anggur Merah. Mereka khawatir dana yang digulirkan tidak akan kembali lantaran masyarakat desa dianggap tidak punya kemampuan untuk mengelolanya.

(tsar)

Terpopuler