NASIONAL

Mentan Minta Petani Barito Utara Fokus Kembangkan Jagung

Menteri Pertanian saat kunjungan dan panen jagung di Barito Utara

MONITOR, Barito Utara - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman kucurkan bantuan 50.000 hektar tanaman jagung serta lima traktor roda empat dan empat alat panen jagung senilai 100 milyar kepada Kabupaten Barito Utara, agar daerah tersebut fokus mengembangkan tanaman jagung.

Hal itu dilakukan Mentan saat mengunjungi Desa Batu Raya I, Kec.Gunung Timang, Barito Utara, Selasa (14/11). Kunjungan tersebut mentan didampingi Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran dan Anggota Komisi IV DPR RI dapil Kalteng, Hamdani. Kedatangan mereka disambut langsung oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah dan Masyarakat adat Barito dengan upacara "Potong Hompong" sebelum melakukan panen jagung.

Saat berdialog dengan para petani yang ada disana, Mentan mengungkapkan usaha untuk mensejahterakan petani adalah intruksi langsung Presiden yang cinta terhadap petani Indonesia. Termasuk bantuan dan kontrol harga jagung yang cukup baik ditingkat petani kabupaten Barito Utara, yakni sekitar Rp 3000 hingga Rp 3200 per kilogram.

"Semua itu dilakukan karena kecintaan Presiden terhadap rakyat khususnya petani Indonesia. Bapak Presiden yang perintahkan semua ini untuk petani Indonesia. Jangan pernah sakiti petani. Itu pesan Bapak Presiden," kata Mentan dihadapan para petani Kabupaten Barito Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Mentan juga meminta seluruh aparatur daerah melalui Forkopimda agar bersinergi dan mengawal kegiayan yang difokuskan kepada petani dan masyarakat ekonomi lemah.

Dalam kunjungan Mentan tersebut, Kec Gunung Timang mendapat bantuan Upsus Jagung 2800 Ha sedang Kab. Barito Utara sebesar 8400 Ha sedang dalam realisasi hingga akhir November 2017. 

(hans)

Terpopuler