Rabu, 17 April, 2024

Pilkada 2018 Mendulang Berkah

MONITOR, Tegal – Perhelatan politik Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 yang akan digelar serentak, menjadi keberkahan tersendiri untuk pelaku usaha percetakan.

Para pengusaha percetakan di Slawi, Kabupaten Tegal, mulai kebanjiran order menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 dan partai politik yang akan mengikuti kontestasi Pemilihan umum (Pemilu) 2019.

"Meskipun Pilkada akan berlangsung pertengahan 2018 dan Pemilu 2019 masih lama, namun sudah banyak konsumen pesan perlengkapan kampanye seperti banner, poster, spanduk dan alat peraga kampanye," ujar pemilik percetakan di Slawi, Jafar, Rabu (15/11).

Jafar mengatakan, percetakan peningkatan order cetak setiap menjelang kampanye Pilkada maupun pemilu legislatif (Pileg). "Kalau Pemilu tahun 2014 lalu mencapai Rp100 juta per bulan untuk omset. Sekarang sudah mulai ramai dan tujuh bulan terakhir ini omzet meningkat 50-100 persen dari hari biasanya," ujarnya.

- Advertisement -

Di tempat yang sama, salah seorang pegawai percetakan Faiq merasa kewalahan dikarenakan harus lembur setiap hari. "Sudah sekitar satu bulan ini saya lembur untuk menyelesaikan cetakan spanduk, branding mobil, dan lainnya," katanya.

Biasanya dalam sehari faiq mencetak hanya sekitar satu rol bahan sepanduk namun sekarang hampir dua rol per hari. "Kita sering kerja lembur jika ada orderan cetakan menjelang pemilihan Pilkada, karena permintaan cetaknya meningkat," tuturnya.

Begitu juga dengan pemilik percetakan lainnya, Mustamid yang mengaku juga mulai kewalahan memenuhi orderan perlengkapan kampanye Pilkada dan Pemilu.

Sebanyak satu kabupaten dan satu kota akan melangsungkan Pilkada secara serentak di Kabupaten dan Kota tersebut yakni, Kabupaten Tegal dan Kota Tegal.

Ia berharap semakin dekatnya Pemilu 2019, orderan percetakannya semakin ramai seperti Pemilu 2014 lalu dan Pilkada 2018 ini. "Biasanya dua bulan atau satu bulan menjelang pemilihan umum, orderan cetak membludak, baik dari partai maupun caleg, sehingga saya harus menambah karyawan," tutupnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER