Rabu, 24 April, 2024

768 Tim Ekspedisi Diberangkatkan ke Sail Sabang

MONITOR, Jakarta – Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan secara resmi memberangkatkan 768 orang peserta tim Ekspedisi Sail Sabang di Pelabuhan JICT Tanjung Priok, Senin (20/11/2017).

Selain 768 peserta tim ekspedisi yang berasal dari kalangan pelajar, dalam upacara tersebut, Menko juga melepas taruna Angkatan Laut dan personil Angkatan laut yang akan berlayar menggunakan KRI Bima Suci dan KRI dr. R Soeharso.

Total ada empat kapal yang akan berlayar menuju perairan Sabang selama 23 hari, yakni KRI Dewaruci, KRI Bima Suci, KRI Banda Aceh dan KRI dr. Soeharso yang merupakan rumah sakit terapung milik Angkatan Laut.

Keempat kapal itu akan bergabung pada acara puncak Sail Sabang pada tanggal 5 Desember 2017. Perjalanan ini sekaligus menjadi perjalanan pamungkas bagi KRI Dewaruci yang telah mengabdi sebagai kapal latih selama 64 tahun.

- Advertisement -

Dalam sambutannya, Menko Luhut menegaskan bahwa kegiatan Sail merupakan kegiatan yang telah berlangsung sejak tahun 2009.

“Kegiatan ini merupakan program yang berkelanjutan dan bukan sekedar hura-hura,” tegasnya.

Di setiap pelaksanaan kegiatan pelayaran, pemerintah mendorong masyarakat untuk menyajikan beragam atraksi seni dan budaya.

Untuk mendukung hal itu, pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah sebagai penyelenggara sail untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur agar kegiatan perekonomian masyarakat dapat meningkat.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER