Sabtu, 20 April, 2024

Surakarta Berpotensi Jadi Gerbang Ekspor Kerajinan Mebel

MONITOR, Surakarta – Surakarta merupakan salah satu sentra pengembangan industri kecil dan menengah (IKM) mebel dan kerajinan. Terdapat lebih dari 150 pelaku IKM mebel dan kerajinan di Surakarta yang produknya mampu berdaya saing di pasar dalam negeri, bahkan telah menembus pasar ekspor seperti Amerika Serikat, Eropa dan Timur Tengah.

”Surakarta juga menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat promosi produk IKM mengingat kota ini termasuk salah satu destinasi utama bagi wisatawan mancanegara,” kata Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih pada acara Peluncuran Omah Mebel dan Kerajinan di Gedung Badan Koordinasi Wilayah II Banjarsari, Surakarta, Senin (20/11).

Gati berharap, Omah Mebel dan Kerajinan ini sebagai gerbang peningkatan promosi dan pemasaran produk IKM mebel dan kerajinan asal Jawa Tengah khususnya Surakarta di kancah global, sehingga memberikan kesempatan kepada pembeli potensial untuk melihat dan menegosiasikan bisnisnya secara
langsung dengan para pelaku IKM.

”Multiplier effect ini akan berdampak positif bagi masyarakat dan tentunya bagi para pelaku IKM,” tuturnya.

- Advertisement -

Peserta yang mengisi rumah promosi tersebut adalah IKM mebel dan kerajinan binaan Kemenperin, yang tergabung dalam anggota Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Asal Solo Raya (KIMKAS).

“Jadi, rumah ini merupakan kolaborasi antara Kemenperin, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kota Surakarta, KIMKAS dan Bank Rakyat Indonesia (BRI),” ungkapnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER