Jumat, 29 Maret, 2024

OJK Ingin Koperasi Hidup Modern di Zaman Now

MONITOR, Jakarta – Direktur Keuangan Berkelanjutan OJK, Edi Setijawan mengatakan, keberadaan Koperasi Simpan Pinjam/Koperasi Serba Usaha (KSP/KSU) sebagai lembaga pembiayaan masih berdiri di dua kaki. Itu terlihat dari kontribusinya terhadap koordinasi keuangan berkelanjutan.

Untuk itu Edi menginginkan agar KSP/KSU ini mampu bersaing di dunia FInancial Technologi (Fintech). Sehingga, koperasi bisa hidup dan terus berinovasi.

“Kami menginginkan bagaimana KSP  bisa bersaing dengan fintech, bagaimana KSP manfaatkan TI misalnya dengan mengumpulkan semua nasabah dalam satu sistem. Bagaimana KSP bisa menjadi koperasi modern yang bisa hidup dalam jaman now,” ujarnya, Jakarta, Rabu (22/11).

Terkait keuangan berkelanjutan ini, sambung Edi, OJK sudah menerbitkan POJK 51/ tentang penerapan keuangan berkelanjutan untuk lembaga jasa keuangan, emiten, dan perusahaan publik sebagai wujud implementasi roadmap keuangan berkelanjutan. 

- Advertisement -

Dengan adanya peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) tersebut, lanjut Edi, regulator jasa keuangan ingin penyediaan sumber pendanaan yang dibutuhkan untuk pembangunan berkelanjutan dan pendanaan terkait perubahan iklim dalam jumlah yang memadai. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER