HUMANIORA

Mengenal Tortor, Suguhan Unik di Pernikahan Adat Kahiyang - Bobby

Kahiyang Ayu dan suaminya Bobby Nasution saat melakukan prosesi adat penyematan marga

MONITOR - Putri semata wayang Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, baru saja mendapatkan sematan marga 'Siregar' dari keluarga suaminya, Bobby Nasution. Pada sesi akhir prosesi pemberian marga, Kahiyang dituntut manortor atau menari Tortor. 

Dengan wajah tersipu malu, perempuan yang akrab disapa Ayang itu harus memperagakan tarian depan suaminya. Bersama para kerabat Bobby, Ayang mau tak mau harus berdiri dan mengikuti irama musik bersama pengiring wanita lainnya.

Nah seperti apa Tari Tortor itu? yuk simak lansiran Monitor berikut ini:

Tari Tortor merupakan tradisi dan warisan nenek moyang masyarakat Batak. Nama Tari Tortor sendiri berasal dari suara hentakan para penari di atas lantai papan rumah adat Batak. Tarian ini lebih dikenal sebagai tarian perayaan yang gerakan didalamnya mengandung makna komunikasi. 

Biasanya, alunan Tari Tortor diiringi musik gondang. Lewat gerakan dan iringan musik gondang itu, para penonton tak akan berdiam diri melainkan turut menari bersama. Jaman dulu hingga sekarang, tarian ini cukup khas digunakan dalam berbagai acara adat masyarakat Batak.  

Jenis Tarian Tortor pun beragam, ada Tortor pangurason, Tortor sipitu cawan, dan Tortor tunggal panaluan. Tortor pangurason (pembersihan) yaitu tarian yang digunakan pada saat pesta besar. Sebelum acara pesta dimulai, tempat dan lokasi pesta dibersihkan dengan menggunakan jeruk purut. Hal ini dilakukan agar terhindar dari mara bahaya. Selanjutnya Tortor sipitu cawan, tarian ini di gunakan pada saat pengukuhan raja. Sementara untuk Tortor panasulan, tarian ini akan digunakan apabila suatu desa di landa musibah.

Tarian ini bukan tarian sembarangan. Konon, ada makna tersembunyi dibalik ritual tarian. Seperti apa?

Ada tiga pesan ritual yang disampaikan yaitu pesan kepada Tuhan yang maha esa, pesan kepada leluhur dan orang yang dihormati dan pesan kepada masyarakat yang hadir. Semua pesan tersebut disampaikan dalam bentuk tarian yang menunjukkan rasa hormat. 

Adapun jenis lagu pengiring yang akan disuguhkan, yakni tentang permohonan kepada dewa dan roh leluhur agar diberi keselamatan, kesejahteraan, kebahagiaan dan rejeki. Bahkan kabarnya, upacara adat ini seakan menjadi sumber berkat bagi seluruh keluarga tuan rumah dan para undangan yang datang.

Tarian Tortor ada aturannya?

Dalam Tari Tortor para penari harus memakai ulos, yaitu kain selendang yang menjadi ciri khas adat Batak. Selain itu ada banyak pantangan yang harus dihindari dalam menarikan Tari Tortor. Misalnya, posisi tangan penari saat menari tidak boleh melewati batas setinggi bahu ke atas. Jika itu dilakukan,  maka penari dianggap menantang siapapun. Karena tarian Tortor merupakan suatu tarian yang melambangkan penghormatan.

(tsar)

Terpopuler