EKONOMI

Giliran Warga Tambrauw Papua Barat Nikmati BBM Satu Harga

Ilustrasi gambar: Mobil Oprasional PT Pertamina

MONITOR, Tembarauw - PT Pertamina (Persero) kembali meluncurkan SPBU untuk program BBM Satu Harga, kali ini SPBU tersebut diresmikan di Kabupaten Tembarauw, Provinsi Papua Barat, Jumat (24/11).

Ya, PT Pertamina menjadi bagian dari penugasan Pemerintah untuk menyediakan BBM hingga seluruh pelosok Nusantara, tentunya dengan harga yang terjangkau. Salah satunya dengan wujud pendirian SPBU Kompak di Kecamatan Supasor, Kabupaten Tambrauw itu.

"Pendirian SPBU ini ini kami harap membawa dampak positif bagi perekonomian dan bagi masyarakat di kawasan timur Indonesia, khususnya masyarakat di Tambrauw, Provinsi Papua Barat," kata General Manager PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VIII, Made Adi saat meresmikan SPBU tersebut.

Made menjelaskan, hingga saat ini SPBU Kompak itu adalah SPBU ke-29 yang telah terbangun dari total rencana 54 Lembaga Penyalur Program BBM Satu Harga di Wilayah 3T (terluar, terdepan dan tertinggal). Untuk Pertamina MOR VIII Wilayah Maluku Papua, SPBU di Kabupaten Tambrauw tersebut merupakan titik ke-14 dari total 19 Lembaga Penyalur yang akan didirikan di wilayah Maluku Papua hingga akhir 2017 mendatang.

Peresmian SPBU Kompak ini dihadiri oleh Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fanshrullah Asa, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Adityawarman dan Wakil Bupati Tambrauw Mesak Matusalak Yekwam.

Fansrullah sempat menegaskan, pembangunan SPBU tersebut bukan perkara mudah mengingat letak geografis dan ongkos angkut yang tinggi, maka diperlukan pengawasan yang tinggi agar BBM Satu Harga tepat sasaran. "Perlu juga adanya pengawasan dan monitoring dari Pemerintah Daerah dan aparat agar penyalur BBM Satu Harga ini tepat sasaran," tegasnya.

Menyambut hal itu, Wakli Bupati Tambrauw Mesak Matusalak Yekwam mengatakan,  sebelumnya harga BBM di Kabupaten Tambrauw bisa mencapai Rp 20.000/liter. Untuk itu pihaknya bersyukur dengan adanya BBM Satu harga tersebut, sehingga warga dapat menikmati BBM Premium dengan harga Rp 6.450/liter dan solar seharga Rp 5.150/liter.

"Tentunya ini akan meringankan beban masyarakat yang selama ini kesulitan dalam membeli BBM," ujarnya.

Terakhir, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Adityawarman menjelaskan, sesuai Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan Secara Nasional, pemerintah menugaskan Pertamina untuk merealisasikan BBM Satu Harga di seluruh Indonesia sejak 1 Januari 2017. Hal itu sebagai komitmen Pemerintah bersama Pertamina untuk terus menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah, hari ini masyarakat di Tambrauw akhirnya bisa menikmati BBM dengan harga yang sama seperti di Jawa. Hal ini tidak lepas berkat dukungan pemerintah daerah, TNI dan Polri, serta stakeholders terkait," tutp Aditya.

(hans)

Terpopuler