EKONOMI

TelkomGroup Targetkan jadi Leader Ekonomi Digital di Asia Tenggara

Ilustrasi logo PT Telkom

MONITOR, Jakarta - PT Telkom Indonesia Tbk (Persero) menyatakan perusahaannya sedang menggenjot sektor ekonomi digital di tanah air. Bahkan, perusahaan pelat merah itu menargetkan untuk menjadi terdepan di Asia Tenggara.

"TelkomGroup mendukung program pemerintah menggenjot ekonomi digital Indonesia, sekaligus menjadi yang terbesar di Asia Tenggara," kata Direktur Digital & Strategic Portfolio Telkom David Bangun di Jakarta, Sabtu (25/11).

Menurut David, salah satu program untuk mewujudkan komitmen perusahaan dalam memajukan industri telekomunikasi digital nasional adalah Digi Summut TelkomGroup 2017.

Digi Summit, sambung David adalah sebuah ajang tahunan untuk memperkenalkan produk teknologi digital terbaru dari TelkomGroup, selain juga untuk berbagi pengetahuan oleh mitra dan perusahaan konsultan terbaik.

Dengan tema 'Engage Today to Shape Tomorrow', lanjut David, TelkomGroup mengajak para peserta untuk membangun potensi bisnis di masa datang dengan melibatkan pelanggan melalui pemanfaatan produk digital TelkomGroup terkini.

"Kegiatan ini untuk mengembangkan kemitraan sekaligus jaringan dalam menambah wawasan dari para pembicara yang merupakan para praktisi industri yang memiliki studi kasus sangat menarik di Indonesia," ujar David.

Salah satunya misalnya 'BigData', istilah yang sering terdengar sehari-hari dan bagaimana memanfaatkannya agar berguna bagi keberlanjutan bisnis.

Sejumlah mitra global dan lokal yang mumpuni dalam teknologi dengan dengan keahlian spesifik dalam pengembangan layanan bisnis digital, baik bagi segmen "business to consumer" (B2C), "business to business" (B2B) dan mediation portal.

"Kolaborasi atau kemitraan ini merupakan sebuah langkah strategis TelkomGroup untuk mempercepat terwujudnya transformasi perusahaan menjadi perusahaan telekomunikasi digital," tegas David.

Pada kesempatan itu anak usaha Telkom Metranet menandatangani kerja sama dengan beberapa mitra di antaranya Cellum International untuk layanan Fintech, ADW untuk layanan B2B Commerce (Xooply) dan Gameloft, Garena, Blackstrom untuk layanan UPoint Gaming.

Sementara itu, Telkom juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan Agate untuk pengembangan Gaming Ecosystem.

Pada saat yang sama Telkom meluncurkan layanan digital baru untuk pelanggan segmen korporasi dan perorangan, diantaranya Xooply, Xsight, Aim Right, USearch, Hoobex, dan Oona.

Bagi anak-anak dan keluarga Indonesia, TelkomGroup kini telah menyiapkan USearch, yaitu layanan "customized browser" yang ditujukan untuk melindungi anak-anak dari konten pornografi, cybercrime, rasis dan konten-konten negatif lainnya.

Dengan diselenggarakannya Digi Summit 2017, TelkomGroup berharap dapat meningkatkan kualitas bisnis pelanggan dengan prinsip "engage today to shape tomorrow" dan mampu mempercepat transformasi digital di Indonesia dengan kualitas yang lebih baik di masa datang.

(ah)

Terpopuler