Kamis, 18 April, 2024

INASGOC Dorong Sumsel Perhatikan Level Pertandingan Asian Games

MONITOR, Palembang – Penyelenggaraan Asian Games 2018 merupakan ajang olahraga negara-negara di yang berkedudukan di Asia. Segingga, standarisasi pertandingannya memiliki level lebih tinggi ketimbang SEA Games yang mencakup semua negara di Asia Tenggara.

Hal tersebut menjadi fokus Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC). Mereka juga mengingatkan agar tuan rumah Sumatera Selatan (Sumsel) untuk memenuhi standarisasi pertandingan menjelang pesta olahraga empat tahunan itu.

Wakil Ketua Deputi I Djoko Pramono di Palembang, Sabtu (2/12) mengatakan, dirinya tidak menyangkal bahwa Sumsel telah berpengalaman sebagai tuan rumah SEA Games XXV, namun ajang Asian Games ini sungguh berbeda karena sangat berkelas dan berstandar tinggi.

"Prestisenya luar biasa karena ini ajang multievent. Negara-negara kuat di Asia akan berjuang untuk menjaga eksistensinya. Sumsel sepatutnya juga harus meningkatkan kemampuannya sebagai penyelenggara," kata Djoko dalam acara Gala Dinner peserta Piala Pertiwi yang menjadi ajang tes event.

- Advertisement -

Oleh karena itu, kesempatan menggelar tes event dari cabang olahraga yang dipertandingkan harus benar-benar dimanfaatkan sebagai kesempatan uji coba.

Sementara itu Ketua Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia Musni Wijaya mengatakan Sumsel yang dipercaya menggelar pertandingan Asian Games cabang olahraga sepak bola wanita mengagendakan tes event Piala Pertiwi di Palembang, 3-13 Desember 2017.

Sebanyak 12 provinsi ambil bagian yakni Kalbar, Jambi, Jabar, Sumsel, DI Yogyakarta, Bengkulu, Papua, Bali, Banten, Babel, Jawa Tengah dan Sulsel.

"Rencananya akan dipakai dua stadion sekaligus yakni Stadion Bumi dan Stadion Atletik. Kami tidak bisa menyelenggarakan di tempat pertandingan aslinya karena Stadion Jakabaring sedang renovasi," kata dia.

Penyelenggara membagi tim dalam beberapa grup yakni Grup A terdiri atas Kalimantan, Jambi dan Jawa Barat. Kemudian Grup B terdiri atas Sumsel, Sulsel dan Yogyakarta, Grup C terdiri atas Bengkulu, Papua dan Bali, lalu Grup D dihuni Banten, Babel dan Jawa Tengah.

Sumsel selaku tuan rumah akan diwakili Persimura karena pada 2014 lalu menjadi runner up Piala Pertiwi.

"Seharusnya Numa FC, karena tim ini sudah bubar jadi yang juara kedua yang dipilih," kata dia.

Asian Games XVIII tahun 2018 akan digelar di dua tempat yakni Jakarta dan Palembang. Khusus di Palembang, akan dipertandingkan cabang olahraga yakni sepak bola, basket, tenis/soft-tenis, voli, kano/kayak, dayung, menembak, triathlon, sepak takraw, panjat tebing dan boling.

Sejauh ini Sumsel sudah telah menjalankan tes event thriathlon, tenis lapangan, voli pantai, sepak takraw dan dayung. Dalam waktu dekat akan gelar juga tes event sepak bola wanita dan menembak.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER