NASIONAL

Sebelum Kunjungi Pengungsi, Mensos Khofifah Ziarah ke Makam Raja-raja Mataram di Imogori

Menteri Sosial RI, Khofifah Endar Parawansa bersama rombongan ziarah ke Makam Raja Mataram di Imogiri Bantul Yogyakarta

MONITOR, Yogyakarta -  Menteri Sosial RI, Khofifah Endar Parawansa, ziarah ke makam raja-raja Mataram di Imogiri Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (2/12) sebelum mengunjungi korban bencara akibat badai siklon tropis di Kabupaten tersebut.

Kunjungan ziarah Menteri Khofifah ini, menurut penuturannya merupakan tradisi yang dilakukannya sejak dulu bukan karena tujuan kepentingan politik tertentu, terutama Pilihan gubernur Jawa Timur yanga akan dilaksanakan pada Pilkada 2018.
 
"Saya itu, biasa ziarah ke (makam) Wali Songo, sangat biasa. Ada tradisi saya ketika masuk dalam satu kota. Saya mengetahui bahwa di situ ada tokoh tokoh teladan bangsa, ada pejuang dan di dalamya ada para waliyullah (wali Allah) biasanya saya membaca al-fatihah dulu sebelum masuk kota, itu tradisi saya," jelas Khofifah

Lebih lanjut menurut Khofifah, Imogiri merupakan sebuah wilayah di Bantul yang terdapat makam raja-raja bisa menjadi referensi bagi semua betapa kayanya khazanah kebudayaan yang ada di Indonesia, dan ini juga bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata religi.

"Wisata religius bisa, spiritual ya bisa, budaya ya bisa, sejarah ya bisa, kalau mau kita bilang wisatawan nusantara ya bisa. Kalau bicara Indonesia ini pasti prosesnya panjang, dan salah satu yang bangun pondasinya adalah Sultan Agung," ujarnya.

Dalam penjelasannya, ia menganalogikan seperti apa yang dikatakan Bung Karno, Presiden pertama RI, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai, menghormati dan mengikuti keteladanan para pahlawannya dan pendahulu yang telah tiada.

"Saya rasa itu harus saya lakukan dengan teman-teman sekarang. Kalau jaman saya di Kemensos, tamu-tamu dalam rombongan apakah itu mahasiswa atau kelompok diklat, peserta yang akan dapat beasiswa ke luar negeri, 100 persen saya terima di TMP Nasional Kalibata," pungkas kandidat calon Gubernur Jawa Timur ini.

(azn)

Terpopuler