Kamis, 28 Maret, 2024

Sejumlah Kota di Kaltim Akan Diterpa Angin Kencang Berkekuatan Ekstrem

MONITOR, Balikpapan – Sejumlah kota di Kalimantan Timur (Kaltim) diperkirakan bakal diterpa angin kencang berkekuatan hingga lebih dari 35 knot per jam sampai dua pekan ke depan.

"Kami perkirakan berlangsung hingga dua pekan ke depan," kata Kepala Stasiun Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Balikpapan Ibnu Sulistyo, di Balikpapan, Minggu (4/11).

Menurutnya, kota-kota lain di Kalimantan Timur yang juga mengalami hal tersebut adalah Bontang, Sangatta, dan sebagian Kutai Barat meliputi Melak, Barong Tongkok, dan Sekolaq Darat.

Ibnu menyatakan, pola hujan dan angin yang sedang terjadi ini masih merupakan imbas dari Siklon Cempaka yang terbentuk di Samudra Hindia di selatan Jawa.

- Advertisement -

Menurut Kepala Stasiun BMKG Balikpapan, angin berkecepatan lebih dari 25 knot per jam sudah dikategorikan ekstrem. Angin dengan kecepatan setara 50 km per jam itu, sudah mampu mengayun-ayunkan cabang pohon yang besar. Payung akan terbang bila dipakai saat angin ini berembus.

Sementara itu, angin berkecepatan 36 knot atau lebih kurang 72 km per jam sudah mampu mematahkan ranting dan cabang yang melawan angin.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER