Jumat, 29 Maret, 2024

Pekan Ini, Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Akan Digelar

MONITOR, Jakarta – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menerima surat dari Menteri Sekretaris Negara terkait usulan calon Panglima TNI baru oleh Presiden Joko Widodo. Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan Komisi I DPR akan akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) kepada calon Panglima TNI, yaitu Marsekal Hadi Tjahjanto.

"Kita akan melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada pekan ini, kalau tidak besok Rabu atau Kamis. Apalagi, tak lama lagi DPR juga akan memasuki masa reses, kita akan selesaikan ini sebelum penutupan masa sidang ini karena tanggal 13 Desember sudah memasuki masa reses," ujarnya dalam keterangan pers, Selasa (5/12).

TB Hasanuddin melanjutkan, dirinya berharap minggu depan sudah disampaikan laporan hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI pada Rapat Paripurna DPR, sehingga hasilnya juga segera diserahkan ke Presiden.

Terkait dengan apa saja yang akan ditanyakan ke Marsekal Hadi Tjahjanto, dia mengatakan, akan banyak pertanyaan yang diajukan mulai dari kelanjutan rencana strategis TNI, disiplin TNI dan sebagainya.

- Advertisement -

Hasanuddin juga mengatakan, Komisi I DPR pada hari ini akan mengadakan rapat terkait penugasannya untuk menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon Panglima TNI dan penjadwalannya. 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER