NASIONAL

Banyak Prestasi, Mendagri Minta Kepala Daerah Tiru Gubernul Sulsel

Ilustrasi: Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo

MONITOR, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengharapkan para kepala daerah bisa meniru seperti kepemimpinan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo yang banyak menoreh prestasi dalam kepemerintahannya.

Hal tersebut diutarakan Tjahjo saat Syahrul menjadi narasumber pada acara Pembekalan Kepemimpinan Pemerintah Dalam Negeri Angkatan III Tahun 2017 yang dilaksanakan di Jakarta, Rabu (6/12).

"Saya minta para kepala daerah meniru Gubernur Sulsel untuk dapat berprestasi," kata Tjahjo.

Mendagri juga mengingatkan agar para kepala daerah menjauhi perilaku tindak korupsi dan selalu fokus bekerja membangun keunggulan daerah yang dipimpinnya.

Syahrul sendiri selama dua periode kepemimpinan telah meraih prestasi sebanyak 233 penghargaan. Terakhir menerima Penganugerahan Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman Republik Indonesia, Selasa kemarin (05/12) di Balai Kartini Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sulsel tampil dengan materi "Peningkatan Daya Saing Daerah dalam Rangka Percepatan Pembangunan Nasional 2018".

Dalam pemaparannya terkait isu pembangunan daerah, ia mengatakan hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan, yaitu, penguatan konektivitas, interkoneksi dan pengembangan logistik.

Selain itu, kata Syahrul, penting dilakukan pengembangan pengelolaan kawasan serta reduksi ketimpangan wilayah pendapatan dan penanggulangan kemiskinan.

"Serta upaya swasembada dan ketahanan pangan serta kedaulatan energi, pengembangan pariwisata dan kerjasama kepariwisataan," demikian Syahrul.

(azn)

Terpopuler