Ini Tuntutan Menpora untuk Atlet Hoki Indonesia

Menpora Imam Nahrawi saat memainkan olahraga hoki

MONITOR, Jakarta - Menpora Imam Nahrawi bersama Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Mulyana hari Sabtu (9/12) lalu membuka Kejuaraan Nasional Hoki 2017 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta. Saat itu, Menpora mengucapkan kepada semua peserta bertanding sportif untuk meraih prestasi yang terbaik.

"Cabor hoki ditargetkan bisa menyumbangkan medali dari ajang Asian Games 2018 nanti. Para atlet Indonesia sekarang ini sudah bisa berlatih dengan maksimal setelah memiliki lapangam baru yang berstandart internasional. Dengan adanya fasilitas lapangan yang bagus ini diharapkan bisa diiringi dengan prestasi yang bagus. Jadi selamat bertanding dan raihlah prestasi yang terbaik," katanya.

Pengurus Pusat Federasi Hoki Indonesia (PP FHI) kembali menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Hoki untuk yang ketiga kalinya. Kejuaraan kali ini mengambil tempat di Lapangan ABC Senayan, yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo pekan lalu.

Sekretaris Jenderal PP FHI, Yasser Arafat mengatakan, Kejurnas Hoki 2017 itu diikuti 750 atlet yang mewakili 11 provinsi. “Ini jadi ajang seleksi buat pemain Asian Games. Akan disaring menjadi 36 untuk nantinya tim inti ada 16 pemain masing-masing tim,” kata Yasser.

Para atlet yang akan bertanding itu, terbagi dalam kategori putra dan putri. Putra ada 11 tim, masing-masing, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, Banten, Papua, dan Papua Barat. Sementara untuk kategori putri hanya diikuti sembilan tim tanpa provinsi Papua Barat dan Banten.

Ketua Pelaksana Kejurnas Hoki 2017, Ardi Poeloengan mengatakan, para atlet ini akan menjadi yang pertama mencoba lapangan astro turf berkualitas internasional yang baru direnovasi untuk ajang Asian Games 2018 ini. “Semula pertandingan akan digelar di Surabaya, pekan lalu setelah diresmikan Presiden Jokowi, ditanyakan kenapa pertandingannya tidak digelar di lapangan baru. Makanya kami geser lokasi pelaksanaannya. Sekaligus uji coba lapangan,” kata Ardi.

Kualitas dan spesifikasi Lapangan ABC ini sama dengan lapangan yang digunakan dalam ajang Olimpiade Rio de Janeiro tahun 2016 lalu. Presiden Joko Widodo meresmikan lapangan baru tersebut pada Sabtu, 2 Desember 2017 lalu.

Tim Indonesia sendiri menargetkan perolehan medali dalam ajang Asian Games 2018 mendatang. “Pesaingnya kuat semua, ada tim China, India, Pakistan, Malaysia,” terang Yasser. 

(tsar)

Terpopuler