Sabtu, 27 April, 2024

Lanjutkan Cita-cita Cak Imin, Menaker Hanif Dhakiri Akan Gelar Liga Pekerja

MONITOR, Jakarta – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) akan menggelar turnamen sepak bola antar pekerja atau Liga Pekerja Indonesia (LPI). Format berupa turnamen sepak bola mempertandingkan serikat pekerja yang berbasis pada perusahaan.

Rencana tersebut disampaiakn Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri saat bertemu Ketua Umum DPP PKB dan juga mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Jakarta, Senin, (11/12).

Menurut Menaker Hanif, saat menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Cak Imin telah menggagas digelarnya Liga Pekerja.

Namun karena memerlukan persiapan yang panjang dan serius, rencana tersebut belum terlaksana hingga saat ini, karena pergantian kepemimpinan nasional termasuk juga jajaran kabinetnya.

- Advertisement -

“Selain mendiskusikan banyak hal, Cak Imin  bertanya, apakah rencana Liga Pekerja jadi dilanjutkan atau tidak. Gagasan menggelar Liga Pekerja  tersebut dimaksudkan, untuk mempererat komunikasi  antar pekerja, memperkuat hubungan industrial yang harmonis dan produktif, serta menjaga sportifitas lewat olah raga dan sekaligus hiburan," Jelas Hanif.

Atas pertanyaan tersebut, Menteri Hanif menyatakan bahwa rencana tersebut terus dipersiapkan dengan matang. Rencananya, Desember 2017, Liga Pekerja sudah kick off. Turnamen ini akan dibuka di Stadion Glora Delta Sidoarjo, Jawa Timur.

“Kami selalu melanjutkan kebijakan dan rencana program yang bagus. Termasuk Liga Pekerja yang diinisiasi oleh Cak Imin," ungkapnya.

Kata Menaker lebih lanjut, Liga Pekerja ini akan diikuti sekitar 544 tim dari seluruh Indonesia. Untuk tahap penyisihan, pertandingan akan di gelar di 34 Provinsi. Sementara, final Liga Pekerja akan menjadi salah satu puncak perayaan Hari Buruh (May Day) 2018.

 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER