Kamis, 28 Maret, 2024

Jokowi Ingatkan Pentingnya Transformasi Ekonomi dari Konsumsi ke Investasi

MONITOR, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya Indonesia untuk mulai melakukan transformasi ekonomi dari berbasis konsumsi menjadi investasi.

Pernyataan Presiden Jokowi ini disampaikannya saat menjadi pembicara di acara Sarasehan ke-2 100 Ekonom Indonesia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Selasa (12/12).

Jokowi mengingatkan pentingnya dan sudah saatnya bagi Indonesia untuk melakukan transformasi ekonomi.

"Sehingga menjadi lebih produktif dan memberikan efek pengganda yang lebih besar terhadap perekonomian," kata Jokowi.

- Advertisement -

Hal yang sama juga ditekankan Jokowi dalam bidang industri yang mengandalkan sumber daya alam. Menurutnya, saat ini Indonesia harus bergerak meninggalkan ekonomi berbasis sumber daya alam mentah tanpa pengolahan menuju industri manufaktur yang dapat meningkatkan nilai tambah.

"Ini menjadi kunci, jangan sampai kita terus-terusan lagi mengekspor sumber daya alam mentah kita tanpa pengolahan. Kita harus mulai ekonomi berbasis proses," tegasnya.

Pemerintahannya sendiri gencar melakukan pembangunan infrastruktur sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Ia menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia dalam pandangannya sangatlah dibutuhkan oleh Indonesia.

"Urgensi pembangunan infrastruktur di Indonesia adalah karena kondisi infrastruktur Indonesia masih jauh dari kondisi ideal, bahkan cenderung memburuk. Ini studi dari World Bank (2015) dan McKinsey (2013)," tuturnya.

Oleh karenanya, pemerintah dibawah kepemimpinannya gencar untuk membangun mulai dari daerah terluar dan yang selama ini kurang mendapat perhatian seperti Indonesia bagian Timur, terutama Papua.

Khusus di Papua, pemerintah membangun jalan Trans-Papua dan sejumlah infrastruktur lainnya untuk menekan disparitas harga serta mendorong pembangunan ekonomi warganya yang merata. Ketika bicara Papua ini, Jokowi sambil menunjukkan dokumentasi foto kondisi infrastruktur disana.

 

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER