Menpora, Menaker dan Cak Imin Buka Kick Off LPI 2018

Menpora, Menaker dan Cak Imin saat membuka Kick Off Liga Pekerja Indonesia 2018

MONITOR, Sidoarjo - Menpora Imam Nahrawi didampingi Asdep Teguh Raharjo bersama Inisiator Liga Pekerja Indonesia (LPI) Muhaimin Iskandar dan Menaker Hanif Dhakiri dan Bupati Sidoarjo Saiful Lillah menghadiri Kick Off Liga Pekerja Indonesia (LPI) 2018 Dalam Rangka Memperingati Hari Buruh Internasional tahun 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (17/12) sore.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan ide dilahirkannya LPI sangat bagus dan positif. "Ide ini sangat positif untuk memberi ruang dan hobi kepada seluruh pekerja karena para pekerja pasti sangat fokus pada pekerjaannya dan di sisi lain ini adalah sumber daya pemain sepakbola yang luar biasa," ujarnya.

Menyikapi LPI ini Menpora berharap kepada PSSI agar dapat bergerak cepat mengambil potensi pemain-pemain handal yang muncul dari LPI. "Pada saatnya PSSI harus segera mengambil potensi-potensi pemain handal yang lahir dari liga ini untuk dikerahkan pada level yang lebih tinggi lagi," tambahnya pada Liga yang memperebutkan Piala Presiden RI ini.

Iniator LPI Muhaimin Iskandar mengatakan, sejarah akan mencatat karena dari serikat pekerja akan lahir pesepakbola handal yang akan mengharumkan nama bangsa. "Dari LPI ini diharapkan hubungan industrial yang kering dan mekanistis akan menjadi hubungan yang lebih menusiawi dan lebih terintegrasi, kekeluargaan dan sportifitas," ujar Muhaimin.

"Kita berharap klub-klub sepakbola dari perusahaan dapat dihidupkan kembali karena dulu yang berkontribusi kepada pemain nasional adalah pemain yang direkrut dari perusahaan-perusahaan misalnya dari perusahaan di Jatim banyak sekali yang melahirkan pemain-pemain nasional, semoga ide ini membawa kontribusi besar kepada kemajuan sepakbola Indonesia," tambahnya.

Senada dengan Menpora, Menaker Hanif Dhakiri menilai LPI ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan produktifitas pekerja dan produktifitas perusahaan. "LPI ini menjadi salah satu sarana meningkatkan hubungan industrial yang kondusif dan produktif, LPI ini akan kita lanjutkan di 34 provinsi dan di 8 region dan puncaknya final pada peringatan Mayday 1 Mei 2018 mendatang," kata Menaker.

Sebelumnya Kadisnaker Provinsi Jawa Timur Setyajid melaporkan bahwa di Jawa Timur tercatat ada 50.028 perusahaan besar dan kecil yang mempekerjakan 5 juta lebih pekerja. "Sebenarnya ada 32 kesebelasan yang ingin mengikuti Liga Pekerja Indonesia ini tetapi harus dibatasi menjadi 16 klub saja," ucapnya.

(hen)

Terpopuler