Profil Negara-negara Pendukung Israel di Majelis Umum PBB

Ilustrasi : Donald Trump di Majelis PBB

MONITOR - Sidang Majelis Umum PBB telah memutuskan sebuah resolusi yang menggugurkan pengakuan Amerika Serikat terkait Yerusalem sebagai Ibukota Israel.

Sidang Istimewa tersebut berjalan alot hingga akhitnya dilakukan voting dengan dengan suara mayoritas telak menolak pengakuan Donald Trump itu. Namun, dari 128 yang menolak, ada 7 negara selain Israel dan Amerika yang mendukung Israel menjadikan Yerusalem sebagai ibukota.

Selain Amerika, tujuh negara tersebut adalah Guatemala, Honduras, Kepulauan Marshall, Mikronesia, Nauru, Palau, dan Togo.

Berikut Profil kedelapan negara tersebut sebagaimana dikutip dari berbagai sumber :

Guatamela



Guatemala adalah sebuah negara yang menganut sistem Republik yang terletak di Amerika Tengah. Guatemala merupakan salah satu negara produsen kopi di dunia.



Terletak paling utara di antara negara-negara Amerika Tengah. Negara ini bertetangga dengan Meksiko di utara, barat dan timur, Belize, Honduras dan Elsavador di timur.

Honduras

Honduras adalah negara terbesar kedua di Amerika Tengah setelah Nikaragua. Negara ini berbatasan dengan Guatemala dan El Salvador di sebelah barat serta Nikaragua di selatan dan timur. Batas utara adalah Laut Karibia. Sebagian besar wilayah Honduras adalah pegunungan, menjadikan Honduras sebagai salah satu negara yang jarang dihuni di wilayah tersebut.



Populasi Honduras adalah sekitar 8,5 juta jiwa. Sekitar 90 persen dari penduduknya adalah orang-orang mestizo, keturunan campuran dari orang Indian dan Eropa (kebanyakan Spanyol). Kelompok etnis lainnya meliputi Indian asli (7 persen), kulit hitam (2 persen), dan kulit putih (1 persen). Ada tujuh kelompok Indian berbeda: Lenca, Tolupanes, Tawahka, Pech, Mosquito (atau Miskito), Garifuna, dan Chorti. Kelompk Chorti adalah keturunan dari suku Maya, pendiri salah satu peradaban besar dunia kuno.

Bahasa Spanyol diperkenalkan oleh pemukim kolonial di tahun 1500-an dan kini menjadi bahasa resmi Honduras. Namun, beberapa orang Indian asli masih berbicara dalam bahasa-bahasa kuno mereka sendiri. Mereka yang tinggal di Bay Islands berbahasa Inggris, sebab wilayah mereka dulu berada di bawah kekuasaan Inggris.

Lebih dari 95 persen dari rakyat Honduras memeluk agama Katolik Roma. Praktek keagamaan di pedesaan sering menggabungkan agama Katolik dengan keyakinan spiritual asli. Kelompok agama lainnya meliputi Protestan injili, Mormon, Saksi-Saksi Yehuwa, Anglikan, dan Yahudi.

Kepulauan Marshall

Kepulauan Marshall (Marshall Islands) adalah negara kecil di Mikronesia, di wilayah Samudra Pasifik. Kepulauan ini terdiri dari daratan dengan luas total 181 km persegi dan terletak berdekatan dengan Negara Federasi Mikronesia, Nauru, dan Kiribati.



Pada akhir abad ke-18, seorang kapten Inggris, John Marshall, mendarat di kepulauan tersebut yang kemudian dinamakan sesuai dengan namanya. Spanyol mengklaim Kepulauan Marshall pada akhir abad ke-19 dan harus berkonflik dengan Jerman yang juga mengklaim wilayah yang sama.

Selama Perang Dunia I, Jepang mengambil alih kontrol Kepulauan Marshall sampai Amerika Serikat merebutnya dari Jepang pada tahun 1944 saat pertempuran Pasifik.

Setelah perang, Amerika Serikat menjadikan Kepulauan Marshall sebagai Territory Trust dan pada dekade berikutnya menggunakan atol di berbagai bagian kepulauan untuk pengujian senjata nuklir.

Pada tahun 1979, Kepulauan Marshall mengesahkan konstitusi dan diberikan otonomi dengan Amerika Serikat terus mengawasi secara longgar.

Pada tahun 1986, Kepulauan Marshall dinyatakan benar-benar independen dari Amerika Serikat, dengan Compact of Free Associationmensyaratkan Amerika Serikat tetap diperbolehkan menggunakan beberapa pulau untuk instalasi militer sebagai pertukaran dengan bantuan keuangan.

Mikronesia

Federasi Mikronesia adalah sebuah negara kepulauan berdaulat di Samudra Pasifik yang yang terdiri dari empat negara bagian dari barat ke timur, yaitu Yap , Chuuk, Pohnpei dan Kosrae yang tersebar di seluruh Samudera Pasifik Barat. Secara kesatuan, negara terdiri dari sekitar 607 pulau (gabungan lahan sekitar 702 km2 or 271 sq mi ) yang membujur dengan jarak hampir 2,700 km (1,678 mi) tepat di utara khatulistiwa . Mikronesia terletak sebelah timur laut dari Pulau Papua, selatan Guam dan Kepulauan Mariana, barat Nauru dan Kepulauan Marshall , sebelah timur dari Palau dan Filipina, 2,900 km (1,802 mi) sebelah utara dari timur Australia dan 4,000 km (2,485 mi) barat daya dari pulau Hawaii.



Meskipun luas daratan Federasi Mikronesia terhitung kecil, namun dari segi luas negara ini menempati lebih dari 2,600,000 km2 (1,000,000 sq mi) kawasan Samudra Pasifik. Ibukotanya adalah Palikir yang terletak di Pulau Phonpei sedangkan kota terbesarnya adalah Weno, yang terletak di Atol Chuuk.

Federasi Mikronesia dulu merupakan bagian dari Trust Territory of the Pacific Islands (TTPI), wilayah administrasi PBB di bawah Amerika Serikat, kemudian membentuk pemerintahan konstitusi sendiri tanggal 10 Mei 1979 yang kemudian menjadi negara berdaulat tanggal 3 November 1986. Tiga negara bekas anggota TTPI lainnya, membentuk pemerintahan sendiri dan menjadi Republik Kepulauan Marshall dan Republik Palau. Federasi Mikronesia mempunyai kursi di PBB.

Nauru

Dikutip dari nationalgeographic, Nauru merupakan negara berbentuk pulau koral yang terletak di Samudera Pasifik. Didominasi oleh dataran tinggi fosfat, dikelilingi oleh terumbu karang, pepohonan palem dan pantai berpasir. Menjadi bagian dari Oceania, negara ini hanya berjarak 25 mil dari garis khatulistiwa.



Asal-usul tentang negara ini tidaklah jelas, terlebih karena bahasa penduduk Nauru tidak mirip dengan negara-negara lain di wilayah Pasifik. Jerman menganeksasi pulau tersebut pada tahun 1888. Lalu pada awal abad ke-20, Konsorsium Jerman-Inggris mulai menambang fosfat di pulau tersebut.

Pada Perang Dunia Pertama, Australian mengambil alih pulau tersebut, yang kemudian mendapat mandat dari Liga Bangsa-Bangsa. Pasca Perang Dunia Kedua yang diwarnai dengan okupasi oleh Jepang, Nauru menjadi wilayah PBB. Merdeka pada tahun 1968, Nauru bergabung dengan PBB pada tahun 1998.

Luas Nauru yang hanya 21 km2 membuatnya menjadi negara terkecil ketiga di dunia, di belakang Vatikan dan Monaco. Sekaligus menasbihkan negara ini sebagai negara republik terkecil di dunia. Bahkan Bukittinggi (25, 24 km2) sebagai kota keempat terkecil di Indonesia masih lebih luas dibandingkan negara ini.

Palau

Republik Palau (juga dieja sebagai Belau) adalah salah satu negara kepulauan di Samudra Pasifik yang merdeka pada tahun 1994 yang lalu, dilansir dari Wikipedia.org. Negara dengan luas 459 kilometer persegi ini menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Palau sebagai bahasa resmi mereka. Beberapa pula menggunakan bahasa daerah seperti bahasa Jepang, bahasa Sonsorol, dan bahasa Tubi.



Sebagai negara kepulauan, Republik Palau memiliki 8 pulau besar dan 250 pulau-pulau kecil dengan daya tarik yang luar biasa. Sementara itu, Republik Palau terbagi menjadi 16 negara bagian di antaranya: Aimeliik, Airai, Angaur, Hatohobei, Kayangel, Koror, Melekeok, Ngaraard, Ngarchelong, Ngardmau, Ngatpang, Ngchesar, Ngeremlengui, Ngiwal, Peleliu, dan Sonsorol.

Terletak sekitar 200 km sebelah utara Papua Barat, 255 km sebelah timur Maluku Utara, 500 km sebelah timur Sulawesi Utara, dan 500 km sebelah timur negara Filipina, Palau berbatasan langsung dengan Indonesia dan Filipina. Kendati Republik  Palau memiliki banyak pulau, namun yang berpenduduk hanya beberapa pulau saja. Sementara pulau-pulau kecil lainnya tidak berpenghuni.

Togo

Togo terletak di Afrika Barat dan merupakan negara sub-Sahara yang kecil. Togo berbatasan dengan Teluk Benin di selatan, Ghana di barat, Benin di timur, dan Burkina Faso di utara. Garis pantai sepanjang 53 kilometer. Di bagian utara tanahnya kebanyakan merupakan sabana dicirikan oleh savanah beralun, berbeda dari bagian tengah Togo yang berbukit-bukit.



Setelah bertahun-tahun mengalami kerusuhan politik dan serangan dari pihak organisasi internasional karena pelanggaran HAM, Togo akhirnya kembali diterima di komunitas internasional. Republik Togo merupakan negara tropis, di sub-Sahara yang sangat tergantung pada pertanian, yang menyediakan lapangan kerja bagi 65% dari angkatan kerja.

(jml)

Terpopuler