PBB Keluarkan Sanksi bagi Korut

ilustrasi rakyat Korea Utara menangisi tindakan pemimpinnya

MONITOR, New York -  Uji coba rudal balistik antar benua yang baru-baru ini diluncurkan Korea Utara menuai kecaman. Sejumlah negara melaporkan ulah Korut ke Dewan Keamanan PBB.

Bak gayung bersambut. Pada Jumat (22/12) waktu setempat, Dewan Keamanan PBB akhirnya mengeluarkan sejumlah sanksi baru terhadap Korea Utara.

Diketahui, sanksi yang dikeluarkan PBB yakni larangan untuk mengekspor hampir 90 persen produk minyak bumi murni ke Korut dengan membatasi ekspor hingga 500.000 barel per tahun. 

Selain itu, resolusi ini juga mendesak negara-negara untuk memulangkan para warga Korut yang telah bekerja di luar negeri dalam waktu 12 bulan. 

Bahkan, resolusi tersebut akan membatasi Korut hanya menguasai pasokan minyak mentah sebanyak empat juta barel per tahun. Hal ini telah disampaikan Amerika Serikat kepada China, yang merupakan tetangga sekaligus sekutu Korut.

Sekadar informasi, resolusi PBB ini telah disahkan melalui pemungutan suara, yang menghasilkan suara setuju dari keseluruhan 15 negara anggota Dewan Keamanan.

(tsar)

Terpopuler