Jumat, 19 April, 2024

Menteri Basuki Tinjau Rumah Khusus Nelayan Bengkulu

MONITOR, Bengkulu – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau rumah khusus nelayan di Kelurahan Sumber Jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, yang dibangun dengan dana APBN 2017 melalui Ditjen Penyediaan Perumahan Kemen PUPR.

"Rumah khusus adalah program Kementerian PUPR untuk kebutuhan khusus seperti penduduk di daerah perbatasan, daerah tertinggal, pulau terluar, korban bencana alam dan nelayan," kata Menteri Basuki dalam kunjungan kerja di Bengkulu.

Ia mengatakan pembangunan rumah khusus merupakan bagian dari program Sejuta Rumah yang dicanangkan pemerintah untuk mengurangi 13,5 juta keluarga yang belum memiliki rumah.

Di Bengkulu pada 2017, Kementerian PUPR membangun sebanyak 52 unit rumah khusus yang sudah ditempati para keluarga nelayan. Puluhan rumah khusus dengan tipe 36 itu dibangun menggunakan anggaran sebesar Rp7,6 miliar melalui APBN, sedangkan lahan disediakan oleh Pemerintah Kota Bengkulu.

- Advertisement -

Para nelayan yang menghuni rumah khusus tersebut adalah mereka yang berpenghasilan rendah yakni di bawah Rp2,4 juta per bulan. Rumah itu juga telah dilengkapi dengan fasilitas air, listrik dan fasilitas pendukung lainnya.

Selain meninjau rumah khusus, kunjungan kerja Menteri PUPR di Bengkulu juga untuk menyerahkan sertifikat tanah bagi masyarakat melalui program reforma agrarian. Menteri Basuki mewakili Presiden Joko Widodo menyerahkan sertifikati kepada 12 orang warga yang mewakili penerima sertifikat 57 ribu bidang tanah di Provinsi Bengkulu.

"Seharusnya Bapak Presiden yang menyerahkan langsung tapi karena hari ini berlangsung serentak penyerahan di lima provinsi maka saya mewakili," kata Menteri PUPR.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER