Manfaat Tidur Siang

Ilustrasi gambar (net)

MONITOR Jakarta -  Tidur siang berguna untuk masalh kurang tidur pada malam hari dan menambah daya konsentrai seseorang, biasanya tidur siang dilakukan 30 menit sampai 1 jam.

Tidur siang penting untuk dilakukan, hanya saja jangan berlebihan durasi tidur siangnya, karena kelebihan manfaat yang ada malah malah masalah kesehatan. Tidur yang dianjurkan adalah selama 20-30 menit, adapun jika Anda dalam masa-masa begadang di malam hari maka Anda bisa tidur siang selama 90 menit.

Di lansir terustambahpengetahuan, blogspot ada beberapa manfaat tidur siang yang harus kalian seperti:

1  Meningkatkan Kreativitas

Gambar terkait

Mengistirahatkan tubuh dan pikiran sangat baik untuk kebugaran tubuh dan juga membuat seorang bisa lebih kreatif dalam berpikir. Para ahli juga menjelaskan bahwa tidur siang bisa membantu seseorang memiliki kreativitas yang tinggi, sehingga mampu mengeluarkan inovasi yang luar biasa nantinya.

Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Annual Meeting of Neuroscientists, bahwa otak kanan berfungsi untuk menjaga kemampuan kreativitas seseorang. Bagian otak kanan untuk kemampuan keativitas ini bisa untuk lebih aktif dan tajam ketika seseorang melakukan tidur siang.

2. Meningkatkan Daya Ingat Otak



Manfaat tidur ini tampaknya sangat berguna bagi mereka yang sudah memasuka masa lansia, dimana tidur siang bermanfaat bagi kemampuan daya ingat. Manfaat ini juga bermanfaat bagi mereka yang masih muda. Termasuk tidur siang bermanfaat untuk anak-anak, karena bisa meningkatkan daya pikirnya dalam mengingat pelajaran dan juga lebih baik dalam menangkap pelajaran. Pelajar yang membiasakan diri untuk tidur siang ternyata lebih baik kemampuannya dalam menyerap dan memahami informasi yang diberikan.

Peneliti lainnya mengungkapkan bahwa kemampuan dalam mengingat bisa lebih baik apabila seseorang mampu memiliki kualitas tidur yang baik, tenang dan nyenyak. Beberapa penelitian sudah menemukan bahwa tidur siang selama 30 menit saja sudah dapat meningkatkan kemampuan daya ingat. Dengan begitu, tidur siang baik untuk organ otak, bahkan sangat baik untuk tubuh secara keseluruhan.

3. Mencegah Stress

Gambar terkait

Masalah stress ini adalah hal yang cukup serius, karena stres dapat menjadi pemicu meningkatnya penyakit berbahaya secara drastis, sebut saja penyakit seperti jantung. Kondisi pikiran yang sering mengalami tegang, atau juga terlalu sering berpikir terlalu keras mengakibatkan masalah bagi organ otak, dan organ tubuh secara umum.

Anda bisa menghilangkan masalah stres ini secara ampuh, hanya dengan mencukupi kebutuhan tidur, termasuk jalani juga tidur siang, maka hal ini sangat membantu untuk menghilangkan stres dalam sekejap. Tidur siang sangat ampuh untuk menurunkan tingkat stress. Pada sebuah penelitian menemukan bahwa hormon pemicu stress dapat menurun secara cepat, setelah menjalani tidur siang.

Peneliti juga menyebutkan bahwa tidur siang sangat penting, terutama bagi mereka yang kurang dalam durasi tidur malam. Tidur siang yang dilakukan bisa membantu untuk menurunkan rasa tegang, sehingga Anda bisa lebih rileks nantinya dan juga dapat berpikir lebih jernih.

4. Meningkatkan Mood (Suasana Hati)



Di dalam tubuh terdapat hormon serotonin, manfaatnya untuk memberikan rasa lega dalam jiwa dan  mengatur kestabilan suasana hati. Kondisi tubuh yang kekurangan hormon serotonin mengakibatkan meningkatnya resiko stres dan sulit berpikir jernih. Hal ini bisa juga menyebabkan seseorang beresiko mengalami rasa khawatir yang berlebihan, sulit konsnetrasi, mudah marah, timbul rasa cemas yang parah hingga depresi.

Seorang ahli kesehatan mengungkapkan bahwa dengan melakukan tidur siang bermanfaat untuk meningkatkan produksi serotonin di otak.
Tidur siang yang dilakukan memberikan manfaat positif pada emosional jiwa yang menjadi stabil.

5. Meningkatkan Produktivitas

Gambar terkait

Dengan tidur siang, maka tubuh pun kembali pulih, fresh dan segar. Sehingga peforma kerja nantinya bisa meningkatkan drastis, dan mampu menyelesaikan banyak pekerjaan dengan waktu yang lebih cepat, serta kualitas kerja-pun meningkat.

Tidur siang juga meningkatkan kemampuan motorik dan tingkat kewaspadaan sehingga Anda pun akan bisa lebih berenergi dalam menjalankan aktivitas padat seharian. Banyak perusahaan besar yang ternyata sudah menerapkan aturan bahwa karyawan harus tidur siang, bahkan disediakan tempat atau ruangan khusus untuk beristirahat sejenak di siang hari. Seperti perusaaan Zappos, Google, Uber, Capital One Labs, PwC dan Ben & Jerry’s.

Jika Anda hanya memiliki sedikit waktu, maka tidur selama 10 menit tidak masalah. Pada tahun 2002, sebuah studi menemukan tidur siang selama 10 menit dapat membantu stamina penuh kembali sedia kala

(SKW)

Terpopuler